Categories: Peluang Usaha

10 Tips Sukses Usaha di Desa Dengan Peluang yang Ada

Sudah menjadi rahasia umum bahwasannya kota adalah tempat untuk meraih impian dan menjadi seseorang yang sukses. Hal ini memang bukan mitos belaka karena memang kenyataannya banyak para pengusaha sukses yang dulunya merantau dari desa ke kota.

Sehingga memicu para anak muda di desa untuk mengadu nasib ke kota agar bisa sukses seperti para pengusaha lainnya yang telah meraih kesuksesan.

Karenanya, perkembangan di desa dari berbagai aspek tidak berkembang mengingat hanya sedikit anak muda yang bisa menggarap potensi dari desa itu sendiri.

Lalu, bagaimana solusinya!

Kata kuncinya adalah potensi sumber daya alam di desa yang bisa diubah menjadi sesuatu yang bernilai. Artinya, Anda yang berminat untuk menjadi pengusaha bisa memanfaatkan potensi tersebut untuk bisa menjadi orang sukses dan juga memberdayakan warga sekitar.

Apakah akan berhasil jika berwirausaha di desa?

Nah, itulah yang akan kami bahas pada artikel berikut ini tentang 10 Tips Sukses usaha di desa dengan meanfaatkan kondisi pedesaan.

Mau tau tipsnya? Yuk kita mulai pembahasannya di bawah ini!

1. Cari Tahu Tentang Kemauan Pasar

Mencari tahu atau menentukan kemauan pasar ini sangat penting karena tanpa pasar yang tepat sasaran, boleh jadi perkembangan usaha yang Anda jalankan tidak akan maju.

Bisa dibilang kemauan pasar itu adalah patokan utama untuk bisa fokus terhadap bisnis yang Anda jalankan. Bagaimana sudah terbayang tentang kemauan pasar ini?

Oke, jika belum contoh mudahnya seperti ini :

Anda melihat bahwa di desa tersebut aktivitas lalu lalangnya mobil dan motor begitu tinggi. Entah itu untuk mengangkut sayuran atau berbagai sumber daya alam lain yang biasanya hendak didistribusikan ke kota atau pasar terdekat.

Setelah Anda amati, rupanya untuk mengisi bahan bakar mobil dan motor tersebut memerlukan jarak tempuh yang cukup jauh sehingga mereka pun sering terhambat pendistribusiannya.

Karena itu, Anda bisa membuka usaha POM BENSIN MINi agar mereka yang memiliki kendaraan bisa terbantu, mengingat usaha yang Anda dirikakn tersebut di tempat yang strategis ataupun yang memang bisa dijangkau oleh mereka.

Bagaimana, sudah terbayang?

2. Sesuaikan dengan Modal yang Anda Punya

Oke, setelah melihat kemauan pasar maka langkah selanjutnya adalah menyesuaikan dengan modal yang Anda punya.

Artinya, Anda tidak harus memaksakan untuk membuka usaha seperti yang telah dicontohkan di atas apabila belum mencukupi.

Hal itu juga berarti kreativitas Anda sangatlah diperlukan untuk bisa menentukan usaha yang pas di pedesaan tersebut serta usaha di desa tersebut masih banyak yang bisa digarap selain hal tersebut.

Mungkin sebagian orang akan berpikir bahwasannya modal bisa meminjam ke suatu lembaga atau perorangan.

Tetapi harus diingat, jangan sampai Anda banyak menanggung hutang yang tidak bisa terbayarkan karena meminjam modal yang rata-rata masih memiliki bunga yang cukup tinggi. Alih-alih ingin mendapatkan untung tetapi pada kenyataannya kerugian yang didapat.

Justru dari modal yang sedikit itulah boleh jadi bisnis Anda akan semakin berkembang dan kedepannya sah-sah saja untuk membuka cabang atau jenis usaha baru yang lebih menjanjikan.

Karena itu, jangan terlalu dipaksakan dan sesuaikan dengan modal yang Anda punya. Siap?

3. Buka Bisnis Sesuai Bakat dan Minat Anda

Tips berikutnya adalah membuka bisnis yang sesuai dengan bakat dan minat Anda. Hal ini dilakukan agar Anda bisa fokus, tekun, dan totalitas dalam menjalankan bisnis tersebut.

Mungkin saya ada yang beranggapan bahwa peluang usaha yang ada di depan mata harus segera dijalankan, namun bila hati nurani Anda menolaknya sebaiknya berpikir ulang untuk mengambil kesempatan tersebut.

Ingat! Bisnis itu bukan tentang untung dan rugi, namun juga harus memiliki perencanaan yang cukup matang serta menjalaninya dengan serius agar Anda bisa menjadi orang sukses.

Mendengar saran dari orang lain memang sah-sah saja, tetapi yang paling mengerti akan kondisi atau bakat dan minat kita adalah diri sendiri.

Jika sudah menemukan bisnis yang sesuai dengan bakat dan minat, langkah berikutnya adalah jangan terlalu memaksakan kehendak Anda untuk membuka bisnis tersebut. Jika, kondisi daerah tidak memungkinkan dan tentunya akan merugikan Anda.

Karena itu pilihannya adalah mencari tempat lain atau membuka usaha yang memang masih ada kaitannya dengan bakat minat Anda tersebut.

4. Mencontoh dan Memodifikasi

Jika Anda tergolong pemula yang baru terjun ke dunia bisnis, mau tidak mau memang harus mencontoh terlebih dahulu orang-orang yang telah sukses dan ahli dalam bisnis yang sesuai dengan bidang yang diinginkan.

Mengapa demikian?

Karena pastinya orang-orang sukses tersebut telah “jatuh bangun” membangun bisnis tersebut dan memiliki banyak pengalaman pahit maupun manis yang bisa diketahui.

Oleh karena itu, setelah Anda menentukan bisnis yang diinginkan langkah berikutnya adalah konsultasikan dengan pebisnis yang telah ahli.

Amati dan contoh bagaimana Ia membangun bisnis tersebut. setelah itu boleh Anda untuk memodifikasinya. Biasanya untuk memodifikasi sebuah bisnis tersebut disesuaikan dengan keadaan sekitar atau memang perubahan zaman.

Contohnya bila dulu untuk mempromosikan sebuah produk, para sales harus mengetuk pintu ke pintu lainnya. Jika di zaman ini tentunya bisa memanfaatkan sosial media, dan lain sebagainya.

Bisa juga memodifikasi dari soal rasa atau variant bila Anda memang terjun ke dunia kuliner. Contoh nyata yang bisa ditemui adalah kue balok yang dulu hanya memiliki satu rasa kini kue balok telah memiliki banyak rasa yang memang kekinian di zaman sekarang.

5. Bulatkan Niat

Setelah Anda melakukan tips ke 1 sampai 4, langkah berikutnya adalah bulatkan dan luruskan niat. Hal ini sangat penting karena bila tanpa niat yang jelas atau sekedar iseng belaka, maka bisnis yang dijalankan tidak akan maksimal.

Mungkin Anda berpikir bahwa, “Ada kok orang yang iseng berbisnis bisa sukses berbisnis?”Ya, bisa saja terjadi, tetapi alangkah lebih baik bila bisnis itu harus dimulai dengan niat yang kuat.

Karena bisnis bukan sekedar untung rugi pula, tetapi apakah bisnis yang kita lakukan membawa sebuah kemaslahatan bagi banyak orang?

Kita perlu meyakini pula, hasil yang diperoleh nanti akan sebanding dengan usaha yang kita lakukan. Tentunya dorongan usaha yang keras tersebut karena memang niat yang kita miliki sudah bulat dan juga jelas.

6. Fokus Pada Satu Bisnis

Ketika Anda sudah menjalankan sebuah bisnis dan mulai menjalankannya, langkah berikutnya adalah fokus pada bisnis tersebut.

Mengapa harus fokus?

Karena membuka bisnis tersebut berarti Anda sudah siap untuk mencurahkan segenap tenaga dan pikiran Anda untuk mengurusi segala macamnya dari mulai A sampai Z.

Bisa terbayang bukan, jika Anda mengelola lebih dari satu bisnis maka fokus Anda kan terbagi dengan bisnis lain. Bila sudah begitu, hasil yang akan dipetik tidak akan maksimal dan sangat berpotensi untuk gagal.

Lalu, kapan Anda boleh membuka bisnis lain?

Pada dasarnya memiliki banyak bisnis itu sah-sah saja dan tidak ada yang melarang. Tetapi, aturan mainnya adalah bila bisnis pertama yang Anda kelola sudah berjalan dengan baik dan berjalan sendiri dengan tim yang bisa Anda percaya.

Nah, disanalah Anda bisa mengelola atau membuka bisnis baru yang sekirang memang sesuai dengan minat dan bakat yang Anda miliki.

7. Buka Bisnis yang Unik

Salah satu tips sukses yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuka bisnis yang unik, karena pada dasarnya konsumen itu mudah bosan dan juga cepat memiliki rasa penasaran terhadap sesuatu yang baru.

Terlebih bila Anda membuka bisnis tersebut di desa yang memang di daerahnya belum menemukan hal tersebut.

Tujuan membuka bisnis yang unik selain mendatangkan konsumen yang loyal diharapkan para konsumen bisa beradaptasi dengan produk yang sesuai dengan perkembangan zaman sehingga mereka bisa terbantu dan juga terpenuhi keinginannya.

Namun, bisnis unik ini jangan sampai membuat Anda kebablasan artinya menghilangkan nilai kebutuhan konsumen di daerah tersebut. Sehingga alih-alih ingin untung menjadikan bisnis Anda gagal karena tidak mendapat value kebutuhan masyarakat setempat.

Selain itu, jangan lupa pula untuk mematok harga yang sesuai dengan pendapatan mereka.

8. Kolaborasi dengan Tim yang Kuat

Berkolaborasi dan bekerja sama dengan tim yang kuta menjadi faktor yang penting untuk mendapatkan kesuksesan dalam berbisnis. Ingat! Bahwa di dunia ini Anda tidak mencapai kesuksesan sendiri, harus berkolaborasi dan juga bekerjasama untuk meraih kesuksesan.

Maka dari itu, pemilihan tim yang kuat, kompak, dan solid perlu untuk Anda lakukan. Karena bisnis yang akan Anda bangun berada di sebuah pedesaan, maka alangkah lebih baik untuk merekrut tim dari desa setempat.

Mengapa demikian?

Karena bagaimanapun juga mereka adalah pribumi dari desa tersebut yang tahu “medan juang” dan karaktersitik orang-orang setempat. Sehingga memudahkan Anda pula untuk bisa menganalisa dan mengembangkan bisnis yang ingin dibangun.

Namun yang pasti, untuk memilih tim Anda harus menempatkan mereka sesuai bakat dan minatnya sehingga pekerjaan yang dilakukan akan totalitas.

9. Mengelola Keuangan dengan Baik

Baik Anda membuka bisnis di desa atau kota tetap saja untuk hal pengelolaan keuangan harus dilakukan dengan baik dan profesional. Karena salah satu indikator kesuksesan dalam berbisnis ditandai pula dengan bagaimana pebisnis mengelola keuangan tersebut.

Apabila dalam pengelolaannya buruk, siap-saja saja dalam waktu dekat atau lambat bisnis yang dibangun akan gagal.

Bukan untuk menakut-nakuti, tetapi ini adalah tips yang memang benar-benar harus Anda perhatikan sehingga memerlukan perhatian lebih. Entah itu penemaptan tim yang ahli dalam bidangnya atau tim yang benar-benar sudah Anda percaya.

Yang jelas dalam mengelola keuangan bisnis tersebut harus jelas pencatatan pengeluaran dan pendapatan. Dan yang terakhir, kurangi mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak penting.

10. Bersikap Jujur

Jujur adalah salah satu sikap yang sangat dijunjung di sebuah desa. Tetapi bukan berarti pula orang-orang di kota banyak yang tidak jujur, bukan seperti itu!

Siapapun orangnya baik itu di desa atau kota, untuk keperluan bisnis atau bukan Anda harus memiliki sikap jujur ini.

Karena dengan modal kejujuran, dengan sendirinya akan membawa keberkahan dan keberhasilan dalam berbisnis. Orang-orang pun akan menilai bahwa bisnis yang Anda jalankan bukan sekedar untung dan rugi melainkan membawa moralitas yang baik untuk perubahan di tempat tersebut.

Lantas, seperti apakah bisnis yang jujur tersebut? Bisnis yang dimulai dengan niat yang baik, memilih produk-produk yang bermanfaat, serta menjual sesuai dengan kualitas dari produk tersebut.

Adakah tambahan lain terkait bisnis yang jujur?

Semoga informasi mengenai tips sukses usaha di desa bermanfaat untuk Anda. Bila tips di atas sesuai, silahkan untuk dipraktekkan.

Admin Desa

Recent Posts

10 Tempat Instagramable Di Jakarta, Kamu Harus Coba!

Mendengar kata Jakarta, pasti sebagian masyarakat Indonesia akan mengingat tentang kotanya yang macet, penuh polusi, bising, padat, dan lain sebagainya.…

2 bulan ago

10 Danau Terbesar Di Indonesia yang Menjadi Objek Wisata Populer

Kekayaan alam di Indonesia yang begitu indah dan membentang dari Sabang sampai Merauke, membuat masyarakatnya tak berhenti bersyukur atas ciptaan…

2 bulan ago

5 Contoh Penggunaan dan Pengelolaan Dana Desa yang Tepat

Salah satu cara untuk bisa memajukan desa dimulai dari penggunan dan pengelolaan dana desa itu sendiri. Karena ketika jelas alur…

4 bulan ago

Pengertian Desa dan 10 Perbedaan Dengan Perkotaan

Desa yang terbayang oleh kita pastilah suatu tempat dimana kondisi alamnya masih asri dan bebas polusi. Sayangnya, masyarakat desa belum…

4 bulan ago

10 Ciri-Ciri Desa, Apakah Daerahmu Masih Tergolong Pedesaan atau Perkotaan?

Perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat yang mengikat satu sama lain sehingga menimbulkan penamaan dan struktur agar terciptannya kedaulatan dan…

4 bulan ago

10 Kerajinan Rumahan yang Berpotensi Sebagai Ladang Bisnis di Desa

Peluang usaha bisnis saat ini sudah semakin banyak baik di kota maupun di desa. Dari banyak peluang tersebut tinggal diperlukan…

4 bulan ago