Categories: Peluang Usaha

10 Peluang Usaha Peternakan dan Pertanian di Desa, Menguntungkan !

Seperti yang diketahui bersama, bahwasannya di desa memiliki sumber daya alam yang begitu potensial. Alam yang masih sejuk, tanah yang subur, lahan yang masih luas, serta hewan-hewan ternak yang masih bisa berkembang dengan baik.

Nah, karena itulah peluang usaha pertanian dan perternakan di desa sangat terbuka lebar. Anda bisa memilih ataupun membeli lahan yang tepat untuk dijadikan investasi jangka panjang yang sangat potensial.

Terlebih desa-desa di Indonesia yang Tuhan berikan kesuburan tinggi sehingga apapun yang ditanam bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat termasuk bisnis yang menjanjikan.

Oh iya, masih ingat dengan lirik lagu “kolam susu” koes plus kan? Dimana tongkat kayu bila ditanam bisa jadi sesuatu yang bermanfaat. Begitulah kira-kira usaha perternakan dan pertanian dilakukan di desa, menarik bukan?

Baca juga : 10 Tips sukses buka usaha di desa dengan peluang yang tersedia

Bila Anda masih bingung untuk membuka usaha pertanian dan perternakan di desa, maka jangan lewatkan pembahasan di bawah ini karena Anda sedang tepat membuka halaman website ini.

Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Ternak Sapi

Sapi, merupakan salah satu hewan yang paling tinggi tingkat permintaannya di negeri ini. Hal ini sebanding dengan banyaknya penduduk Indonesia yang mayoritas beragama islam.

Ya, karena setiap tahun tepatnya Idul Adha sapi diperlukan untuk proses penyembelihan sebagai bentuk ketakwaan kepada Allah SWT. Tidak hanya saat Idul Adha saja, pada hari raya Idul fitri pun daging sapi sangat diperlukan untuk melengkapi hidangan di hari raya tersebut.

Tak jarang, karena permintaan yang begitu tinggi tersebut pemerintah harus mengimpor sapi. Tentu saja, melihat tingginya pasar tersebut menjadikan ternak sapi ini merupakan peluang yang begitu tinggi untuk mengembangkannya.

Tentunya langkah pertama yang harus Anda lakukan bila ingin ternak sapi adalah dengan cara menyiapkan modal terlebih dahulu untuk membeli sapi dan juga menyiapkan lahannya.

Harus Anda ketahui pula untuk membuka usaha tersebut diperlukan modal yang cukup besar mengingat harga sapi yang tiap tahunnya pun meningkat. Tetapi keuntungan yang didapat pun akan sebanding

Jika Anda sudah siap untuk membeli sapi dan lahannya, siapkan pula gaji untuk orang yang Anda percaya mengelola ternak sapi tersebut.

Selain daging dan susunya yang berguna, rupanya kotoran dari sapi pun sangat berguna. Dimana biasa diolah untuk bahan bio reactor sehingga bisa menghasilkan gas untuk di dapur.

Di Indonesia sendiri, pemanfaatan kotoran sapi menjadi gas telah dipraktekkan oleh masyarakat Boyolali.

2. Ternak Kambing

Sama halnya dengan sapi, ternak kambing pun memiliki peluang usaha yang begitu menjanjikan. Hewan ini akan banyak dicari ketika Idul Adha tiba sehingga pantas untuk dijadikan sebagai usaha ternak yang menjanjikan.

Selain untuk hari raya Idul Adha, daging kambing ini sangat dibutuhkan oleh para penjual sate dan gule yang berada di kota maupun desa. Dimana daging tersebut menjadi favorit semua kalangan dan juga usia, betul?

Dibandingkan dengan sapi modal yang harus disiapkan untuk kambing cukup lebih terjangkau. mengingat harga hewan tersebut tidak sampai mencapa puluhan juta.

Nah, jika Anda menginginkan usaha ternak kambing maka prosesnya hampir sama dengan bisnis ternak sapi.

Hanya saja yang membedakan dari segi penyiapan kandang kambing tersebut, mengingat kambing bukanlah hewan yang mudah diatur. Maka dari itu, buatlah kandang yang cukup rapat agar kambing tidak mudah untuk keluar.

3. Ternak Ayam Kampung

Ternak ayam kampung pun bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Karena ayam jenis ini telah memiliki pasar tersendiri khususnya dikalangan pengusaha kuliner.

Sajian ayam kampung pun bisa dilihat dan dinikmati pada saat hari raya, sehingga harga yang dibanderol untuk ayam kampung sendiri menjelang hari raya tersebut cenderung meningkat.

Ayam kampung ini begitu digemari karena selain rasanya yang lezat memiliki kadar gizi yang cukup tinggi. Dan yang paling penting tidak membawa kandungan berbahaya bagi manusia yang mengonsumsinya, setuju?

Jika Anda berniat untuk membuka usaha ternak ayam kampung ini, maka yang harus dipersiapkan adalah halaman untuk membuat kandang ayam kampung.

Sebaiknya, untuk membuat kandang ayam kampung sendiri gunakanlah pagar bambu untuk mengelilingi kandang tersebut dengan tujuan ayam tidak kabur atau keluar. Dan jangan lupa, buatlah kandang yang layak agar mereka pun bisa bergerak dengan optimal.

Selain kandang, jangan lupa untuk memperhatikan pakannya. Saat ini sudah banyak pula pakan terbaik khusus ayam kampung sehingga Anda tidak perlu meraciknya.

4. Ternak Lele

Apakah Anda pernah mencicipi kuliner pecel lele? Atau jangan-jangan Anda adalah salah satu orang yang suka dengan makanan tersebut sehingga sering mengonsumsinya?

Lalu, berapa banyak pengusaha kuliner pecel lele yang Anda temui di jalan khususnya di kota-kota besar Indonesia? Jawabannya pasti serempak, cukup banyak .

Kemudian, terlintaskah dipikiran Anda untuk bisa menjadi menyuplai lele? Atau menjadi pengusaha pecel lele?

Apapun itu pilihannya, yang jelas lele ini memiliki tingkat permintaan yang cukup tinggi. Sehingga untuk bisa ternak lele atau pengusaha pecel lele akan mendapatkan keuntungan yang menjanjikan.

Namun, jika Anda memilih untuk menjadi pengusaha ternak lele tidak ada salahnya bahkan cukup mudah dilakukan. Karena lele memiliki kemampuan hidup yang luar biasa sekalipun air tersebut sangat keruh.

Tidak hanya itu, pakan untuk ternak lele pun sangat mudah untuk didapatkan sehingga usah ternak lele ini bisa masuk dalam daftar list Anda untuk digarap kemudian.

5. Ternak Bebek Petelur

Sama halnya dengan ayam, bebek pun menjadi salah satu unggas favorit yang dikonsumsi oleh manusia. Sama pula dengan lele, daging bebek ini banyak diperjual belikan dari mulai pengusaha kuliner kaki lima hingga restoran bintang lima.

Karena pasar yang cukup banyak dan luas, maka jika Anda memilih ternak bebek pun adalah pilihan tepat mengingat prospeknya yang begitu menjanjikan.

Selain dagingnya yang bermanfaat, telur bebek pun bisa menghasilkan banyak rupiah. Contohnya saja di Brebes, para warganya banyak menjadi pengusah telur asin dalam jumlah yang banyak dan didistribusikan ke berbagai kota di Indonesia.

Nah, jika Anda berniat untuk memulai usaha ternak bebek maka yang harus diperhatikan adalah pembuatan kandangnya. Buatlah kandang yang memadai dan juga layak agar bebek bisa bertelur dengan semestinya.

6. Budidaya Tanaman Kedelai

Seperti yang diketahui bersama, di desa masih banyak sawah yang bisa dijumpai. Selain untuk menanam padi, sawah pun bisa digunakan untuk menanam kedelai.

Tentunya bila penanaman tersebut berhasil, akan menjadi usaha pertanian yang begitu menjanjikan. Mengingat permintaan pasar terhadap kedelai sangatlah tinggi.

Di Indonesia sendiri, cukup banyak makanan olahan yang berbahan dasar kedelai, seperti susu kedelai, tahu, tempe, tauco, oncom, kecap, minyak, tepung kedelai, hingga bahan pakan ternak.

Nah, agar proses penanaman kedelai di sawah bisa optimal maka yang harus diperhatikan adalah tentang pengolahan tanah, pola tanam, dan juga manajemen organisme penggangu tanaman atau yang dikenal dengan hama.

7. Budidaya Tanaman Rempah

Tahukah Anda mengapa Indonesia dijajah begitu lama oleh para penduduk asing? Salah satunya karena Indonesia memiliki tanaman rempah yang berlimpah sehingga mereka ingin menguasainya.

Karena tanaman tersebut jarang, dan melihat tanaman tersebut begitu banyak serasa Indonesia adalah “surga” bagi mereka.

Sampai hari ini pun, tanaman rempah di Indonesia masih dilirik hanya saja bukan dengan cara dijajah melainkan melalui prosedur ekspor.

Tanaman rempah ini sangat dibutuhkan orang-orang karena bisa dijadikan sebagai bahan bumbu masakan agar semakin lezat dan juga sehat.

Maka dari itu, jika Anda memiliki lahan yang cukup luas di desa jadikanlah tanaman tersebut untuk budidaya tanaman rempah. Karena merupakan usaha pertanian yang cukup menjanjikan.

Tanaman rempah yang dimaksud dan banyak dicari penduduk asing maupun local adalah merica, cengkeh, asam jawa, kayu manis, kapulaga, pala, dan lain sebagainya.

8. Budidaya Sayuran Organik

Berikutnya adalah budidaya sayuran organik, Ya, seperti yang diketahui bersama dengan Anda membuka usaha tersebut, maka peluang untuk sukses semakin besar.

Pasalnya, sayuran organik ini sudah menjadi kebutuhan mendasar orang-orang baik di kota maupun di desa. Sayuran ini pun mudah untuk didistribusikan karena telah memiliki pasar tersendiri sehingga penjualan sayuran ini pasti bisa dilakukan setiap harinya.

Penanaman usaha sayuran ini bisa dilakukan satu atau beberapa macam. Yang jelas, Anda harus mau merawatnya sehingga menghasilkan tanaman yang memang layak untuk dikonsumsi dan diperjual belikan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk belajar kepada sang ahlinya tentang budidaya sayuran organik ini.

9. Budidaya Buah-buahan

Selain sayuran, usaha lain yang bisa Anda lakukan adalah budidaya buah-buahan. Ya, sama halnya dengan sayuran, buah-buahan ini sudah menjadi makanan pokok dasar yang wajib ada di setiap rumah.

Belum lagi banyak pengusaha buah-buah di kota yang memang memerlukan suplai buah-buahan segar dari desa. Sehingga sangatlah wajar bila di kota banyak ditemukan pedagan buah mulai dari yang ada di pinggiran kaki lima hingga di supermarket.

Sama halnya dengan sayuran, untuk menanam buah-buahan ini diperlukan pengetahuan yang memadai pula agar Anda bisa menanam buah-buahan dengan sesuai.

Biasanya yang ahrus diperhatikan adalah dari segi pemilihan lahan, pemberian pupuk hingga penyiraman buah-buahan yang memang harus sesuai.

Bagaimana sudah siap menanam buah-buahan? Semoga berhasil ya!

10. Menjual Pupuk

Peluang usaha menjual pupuk ini sangat menjanjikan, mengingat seluruh tanaman pasti membutuhkan pupuk untuk kesuburan tanamannya. Pupuk pun tidak hanya diperlukan oleh orang desa melainkan juga oleh orang-orang kota yang banyak memelihara tanaman hias.

Untuk membuka usaha ini bisa berkolaborasi dengan ahli tanaman untuk meracik. Ataupun jika Anda memiliki keahlian dalam membuat pupuk tentu akan lebih baik lagi.

Oh iya, yang perlu diketahui pula tingkat penjualan pupuk ini memang sedikit. Namun, sekalinya terjual Anda bisa mendapatkana keuntungan yang cukup banyak.

Untuk memulai usaha ini jelas perlu analisa dan persiapan yang matang. Dimana Anda melihat dari segi kebutuhan masyarakat sekitar. Jika dirasa menjanjikan dan bisa membantu mereka. Maka jangan ragu, segera buka usaha tersebut.

Bersyukurlah kita semua tinggal di wilayah yang subur dan dipenuhi sumber daya alam yang berlimpah. Karena dari kekayaan itulah, Tuhan izinkan kita untuk menjadi orang yang kreatif, orang yang bsia mengelolanya dan menjadikan sumber daya alam tersebut bermanfaat untuk orang banyak.

Yuk, semangat berwirausah dimulai dari apa yang kita lihat di sekitar kita!

Admin Desa

Recent Posts

  • Berita Desa

5 Contoh Penggunaan dan Pengelolaan Dana Desa yang Tepat

Salah satu cara untuk bisa memajukan desa dimulai dari penggunan dan pengelolaan dana desa itu sendiri. Karena ketika jelas alur…

2 bulan ago
  • Berita Desa

Pengertian Desa dan 10 Perbedaan Dengan Perkotaan

Desa yang terbayang oleh kita pastilah suatu tempat dimana kondisi alamnya masih asri dan bebas polusi. Sayangnya, masyarakat desa belum…

2 bulan ago
  • Birokrasi

10 Ciri-Ciri Desa, Apakah Daerahmu Masih Tergolong Pedesaan atau Perkotaan?

Perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat yang mengikat satu sama lain sehingga menimbulkan penamaan dan struktur agar terciptannya kedaulatan dan…

2 bulan ago
  • Peluang Usaha

10 Kerajinan Rumahan yang Berpotensi Sebagai Ladang Bisnis di Desa

Peluang usaha bisnis saat ini sudah semakin banyak baik di kota maupun di desa. Dari banyak peluang tersebut tinggal diperlukan…

2 bulan ago
  • Kuliner

10 Jenis Makanan Tradisional yang Menjadi Khas Pedesaan di Indonesia

Kebutuhan utama bagi setiap manusia adalah makanan karena untuk terusnya keberlangsungan hidup dan memberikan asupan bagi tubuh yang dititipkan tuhan…

2 bulan ago
  • Kuliner

10 Jenis Makanan Ringan yang Biasa Diproduksi Rumahan di Desa

Makanan adalah kebutuhan pokok utama setiap orang yang dikonsumsi setiap harinya. Karena itu, banyak pula orang yang menjual makanan pokok…

2 bulan ago