10 Tempat Instagramable Di Jakarta, Kamu Harus Coba!

Mendengar kata Jakarta, pasti sebagian masyarakat Indonesia akan mengingat tentang kotanya yang macet, penuh polusi, bising, padat, dan lain sebagainya.

Namun, siapa sangka di balik hal tersebut ternyata Jakarta pun memiliki tempat wisata dengan spot foto yang instagramble atau tempat wisata kekinian.

Tentunya tempat wisata instagramble tersebut selain bisa melepas kejenuhan dari rutinitas pekerjaan juga bisa mempercantik feed media sosial Anda.

Penasaran dengan tempat instagramble mana saja yang bisa Anda kunjungi di kota Jakarta? Yuk, siman bersama ulasannya di bawah ini !

Daftar Tempat Instagramble di Jakarta

1. Bundaran Ancol Gerbang Utama Timur

Bundaran Ancol Gerbang Utama Timur

Tempat wisata Ancol merupakan salah satu tempat wisata Andalan kota Jakarta. Di tempat wisata tersebut memang banyak tempat menarik yang bisa Anda kunjungi, salah satu tempat menarik dan juga Instagramble adalah bundaran ancol gerbang utama sebelah timur.

Dikatakan instagramble karena landmark untuk menyambut semua pengunjung tersebut seringkali di dekor dengan tematik.

Baca juga : 10 Danau Terbesar Di Indonesia yang Menjadi Objek Wisata Populer

Terutama ketika ada hari-hari besar di Indonesia, seperti Idul Fitri yang dihias dengan nuansa Idul fitri, begitu pula ketika Natal, Imlek, dan perayaan hari kemerdekaan Indonesia akan dihias dengan meriah dan berubah setiap bulannya.

Karena tema yang berbeda-beda inilah, banyak warga Jakarta dan juga luar kota yang ingin berfoto ataupun berswafoto dengan mengambil gambar terbaiknya.

Karena cuaca Jakarta yang cukup panas, ada baiknya untuk mengambil foto saat pagi hari ataupun di sore hari, Namun, harus siap mengantri bersama warga lainnya yang ingin juga mengambil foto di di tempat instagramble tersebut.

2. Danau Monumen

Danau Monumen

Tempat Instagramble berikutnya adalah danau monumen yang masih berada di Kawasan Taman Impian Ancol. Disebut dengan danau monumen karena di sekitaran danau terdapat monumen sejaran tentang awal berdirinya Kawasan Ancol tersebut.

Selain monumennya yang terlihat instagramble, Anda pun bisa mencoba menaiki Swan Pedal Boat atau perahu bebek serta Epic Cable Park yang ada di danau tersebut.

Kemudian jangan lupa untuk meminta saudara atau teman untuk mengambil gambar Anda ketika sedang menaikinya. Setelah itu jangan lupa untuk mengupload ke sosial media Anda.

Selain untuk mendapatkan like di Instagram atau membuatnya viral, Anda pun bisa memperkenalkan tempat wisata instagramble tersebut pada dunia.

Untuk menyewa swan pedal boat tersebut pun tergolong murah bisa Rp 30.000 hingga Rp 40.000.

3. Museum Macan

Museum Macan

Tempat instagramble di Jakarta berikutnya adalah Museum Macan. Museum Macan ini bukanlah museum binatang hewan macan, melainkan macan disini adalah kepanjangan dari Modern Contemporary Art in Nusantara.

Sesuai dengan namanya, di museum tersebut terdapat koleksi yang modern dan juga fresh. Koleksi seni yang ada di museum tesebut merupakan hasil karya seniman Indonesia dan juga orang luar negeri.

Museum tersebut saat ini menjadi salah satu museum yang instagramble karena mampu menampilkan tempat-tempat menarik, seperti Great Gigantic Pumpkin dengan warna kuning polkadot, dots obsession bola-bola kecil maupun besar yang berbentuk polkadot,, Narcisus Garde, serta karya seni lainnya yang wajib Anda kunjungi.

Untuk bisa masuk ke museum tersebut, Anda perlu menyiapkan biaya sebesar Rp 100.000. dijamin, feed Instagram Anda akan dipenuhi dengan foto-foto yang cantik dan juga menarik.

4. Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Siapa sangka di tengah gersangnya kota Jakarta terdapat Kawasan hijau yang begitu sejuk dan juga instagramble bernama Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk.

Di hutan mangrove Pantai Indah Kapuk tersebut terdapat kawasan hutan bakau yang asri dan juga sejuk. Anda bisa mendapatkan asupan oksigen yang bersih untuk menjernihkan pikiran dan tubuh dari rutinitas pekerjaan setiap harinya.

Adapun tempat yang bisa dibidik untuk memenuhi media sosial ketika Anda sedang berjalan-jalan ke hutan mangrove adalah lorong sepanjang hutan yang selimuti tanaman bakau, bagian depan pondok penginapan, serta berfoto di tepi danau.

Jangan lupa pula untuk mencoba naik perahu di kawasan hutan bakau untuk bisa mengelilingi danau sekitar, tentu saja tempatnya pun sangat instagramble.

Untuk bisa berkeliling dengan menggunakan perahu tersebut Anda harus membayarnya sekitar Rp 250.000 – Rp 350.000. Harga tersebut tentunya akan terbayarkan dengan suasana hutan mangrove pantai indah kapuk yang begitu sejuk dan juga indah.

Jangan lupa, sebaiknya untuk mengambil foto di hutan mangrove jangan menggunakan kamera DSLR karena bisa dikenakan denda Rp 1.000.000. Sebaiknya, ambil gambar dengan menggunakan kamera smartphone.

5. Filosofi Kopi

Filosofi Kopi

Bagi Anda pencinta film pasti sudah tidak asing lagi dengan kata filosofi kopi di atas. Ya, film filosofi kopi termasuk salah satu film yang terlaris beberapa tahun kebelakang.

Sesuai namanya, film tersebut bercerita tentang kehidupan yang erat kaitannya dengan rasa kopi yang pahit.

Ok, tentu saja pada pembahasan berikut ini tidak akan diulas mengenai filmnya melainkan membahas tentang tempat yang instagramble di café filosofi kopi tersebut.

Café tersebut juga menjadi booming seiring dengan banyaknya penonton yang melihat film tersebut.

Selain bisa menikmati kopi, di café tersebut ada beberapa spot tempat duduk yang memang begitu instagramble.

Tentu saja, Anda bisa mengambil gambar di spot café tersebut dan kemudian diunggah di sosial media.

Beragam kopi yang disajikan pun menambah istimewa hidup Anda di dunia nyata dan juga di sosial media.

6. Hauwke’s Auto Gallery

Hauwke’s Auto Gallery

Tempat instagramble berikutnya adalah berada di kawasan Puri Mutiara VI NO.18/B, Jakarta Selatan, yaitu Hauwke’s Auto Gallery.

Tempat tersebut merupakan museum yang mengoleksi mobil-mobil Antik atau klasik yang pernah hits di zamannya.

Hauwke’s Auto Gallery sendiri didirikan pada tahun 2008. Konsep musimnya mirip dengan museum angkut Malang, maka tak heran museum tersebut dikenal dengan Museum Angkutnya kota Jakarta.

Di setiap ruangannya memiliki tema yang berbeda mulai dari gaya Amerika hungan bergaya Eropa. Mobil-mobil yang ada di museum tersebut adalah koleksi mobil tahun 1930 sampai 1950-an.

Bahkan di museum tersebut terdapat empat buah mobil yang pernah digunakan oleh Presiden Soekarno.

Oleh karena itulah, tempat tersebut sering digunakan orang-orang khususnya warga Jakarta untuk proses syuting, prewedding, dan lain sebagainya.

Museum ini pun menjadi terkenal dan banyak orang-orang yang berkunjung ke tempat tersebut karena tempatnya yang begitu instagramble.

Untuk masuk ke tempat tersebut pun tidak terlalu mahal, Anda bisa mengeluarkan biaya Rp 25.000.

7. JPO Bundaran Senayan

JPO Bundaran Senayan tempat instagramable jakarta

Pernahkah Anda melihat warga Jakarta yang berfoto di tempat JPO Bundaran Senayan? Tentu banyak bukan warga yang berfoto di tempat tersebut ?

Jembatan Penyebrangan Orang atau JPO tersebut, kini ‘’disulap’’ menjadi tempat yang begitu instagramble.

Sebelumnya, JPO tersebut begitu padat karena ada pedagang kaki lima di tempat tersebut. Namun kini, area JPO tersebut telah diubah menjadi jembatan yang memang ramah untuk para pejalan kaki.

Di jembatan tersebut, Anda akan disambut dengan landasan datar yng terbuat dari kayu komposit dan dilengkapi dengan pegangan berbahan kayu pula.

Di sisi kiri dan kanan jembatan terdapat pembatas besi berwarna hitam dengan atap yang transparan.

Nah, Lorong utama jembatan tersebutlah yang terlihat instagramble sehingga membuat betah para pejalan kaki melewati jembatan penyebrangan tersebut.

Jembatan pun akan terlihat sangat menarik ketika malam hari. Lampu-lampu yang meneranginya membuat jembatan tampak begitu cantik dan menarik.

Tidak hanya instagramble, JPO Bundaran senayan pun sangat ramah disabilitas. Di tempat tersebut tersedia lift di dua titik untuk memudahkan para difabel mengakses jembatan tersebut.

8. Danau Sunter

Danau Sunter

Selama ini, kampung warna-warni yang kita kenal berada di Kota Malang. Namun, kampun warna-warni pun bisa ditemukan di wilayah Jakarta tepatnya berada di Danau Sunter, Jakarta Utara.

Baca juga : 5 Desa Terindah di Sumatera Barat, Surga Tersembunyi Indonesia

Tentu saja keberadaan kampung warna-warni tersebut baru terjadi beberapa tahun silam setelah sebelumnya danau tersebut dikenal sebagai kawasan kumuh di Jakarta.

Setelah dilakukan revitalisasi, kawasan danau Sunter tersebut menjadi tempat yang instagramble yang menjadi tempat wisata warga Jakarta dan juga warga luar Jakarta.

Danau sunter ini juga membuat warganya betah tinggal di kawasan setempat. Bahkan banyak warga yang semakin betah memancing di danu tersebut dikarenakan pemandangannya yang cukup bagus.

Pemerintah setempat pun menanam beberapa pohon agar tidak terlihat gersang. Tanaman tersebut membuat danau Sunter semakin teduh dan juga indah.

9. Lapangan Banteng, Jakarta Pusat

Lapangan Banteng

Lapangan Banteng yang ada di Jakarta Pusat pun kini menjadi tempat yang begitu instagramble. Di tempat tersebut terdapat air mancur yang bermandikan cahaya, sambil mengeluarkan lagu-lagu nasional dan lagu daerah Jakarta.

Tentu saja banyak warga yang mengabadikan momen tersebut sehingga tampak begitu instagramble.

Tidak hanya itu saja, di sekitaran lapangan banteng terdapat amfiteater setengah lingkaran yang bisa menampung ribuan orang.

Amifiteater pun bukan hanya dipakai untuk duduk saja, tetapi banyak orang yang mengambil foto di tempat tersebut.

Warga yang berada di lapangan banteng pun tidak hanya memburu tempat foto yang instagramble, tetapi bisa juga belajar sejarah tentang KMB (Konferensi Meja Bundar), sampai pidato Bung Karno tentang Irian Barat.

Tentunya, lapangan banteng saat ini menjadi salah stau tempat yang bernilai sejarah dan juga kekinian yang layak diposting di sosial media Anda.

10. Jembatan Cinta BeachPool

Jembatan Cinta

Tempat instagramble berikutnya di Jakarta pasti sudah Anda ketahui sebelmunya dan sering dikunjungi. Tempat tersebut bernama jembatan cinta beach pool yang berada di Jakarta Utara.

Baca juga : 7 Desa Dengan Spot Pemandangan yang Bikin Orang Kota Betah Liburan

Dinamakan Jembatan Cinta karena memang didesign berbentuk hati dan banyak anak-anak muda maupun yang berada di jembatan tersebut bersama pasangannya.

Di jembatan tersebut juga terdapat dua tempat makan yang bernama Le Bridge Café dan Columbus Resto. Makanan yang disajikan pun beragam mulai dari makanan lokal hingga western.

Karena tempatnya yang begitu indah, sebaiknya datang ke tempat tersebut saat sunrise maupun sunset, dengan begitu Anda akan mendapatkan gambar foto yang benar-benar instagramble.

Penutup

Tentunya untuk bisa mendapatkan hasil foto yang instagramble jangan lupa membawa kamera dengan memori yang mencukupi. Karena pasti, Anda tidak akan puas mengambil satu gamabr saja di suatu tempat.

Walaupun begitu, And apun ahrus mengetahui aturan dan ketentuan alat elektronik yang dibawa agar tidak terkena denda atau terkena masalah lainnya.

Nah, itulah 10 tempat instagramble yang wajib Anda ketahui. Semoga bermanfat dan selamat berswafoto.

10 Danau Terbesar Di Indonesia yang Menjadi Objek Wisata Populer

Kekayaan alam di Indonesia yang begitu indah dan membentang dari Sabang sampai Merauke, membuat masyarakatnya tak berhenti bersyukur atas ciptaan Sang Maha Kuasa.

Betapa tidak, kekayaan alam tersbeut membuat kita memiliki banyak pilihan untuk bisa berwisata alam. Kekayaan alam yang telah ‘’tersedia’’ tersebut seperti Gunung, laut, sungai, dan juga danau.

Danau di Indonesia beragam ada danau buatan atau pun danau alami yang semuanya layak untuk dikunjungi dan bisa dijadikan tempat rekreasi alam menarik bersama keluarga.

Nah, karena itulah pada pembahasan berikut akan diulas mengenai 10 Danau Terbesar Di Indonesia yang Menjadi Objek Wisata Populer. Danau apa sajakah yang dimaksud? Yuk, simak bersama ulasannya di bawah ini!

Daftar 10 Danau Terbesar di Indonesia yang Menjadi Objek Wisata Populer

1. Danau Singkarak

Danau Terbesar Di Indonesia yang Menjadi Objek Wisata Populer

Salah satu Danau terbesar di Indonesia ada di wilayah Sumatera Barat dengan luas permukaannya 107,8 km². Terbentang di antara dua kabupaten, yakni Solok dan Tanah Datar.

Danau Singkarak ini merupakan danau alami karena terbentuk dari aktivitas tektonik yang dipengaruhi patahan yang sering disebut dengan Sesar Sumatra.

Baca juga : 5 Desa Terindah di Sumatera Barat, Surga Tersembunyi Indonesia

Setelah adanya pergesaran Sesar tersebut menyebabkan sebagain daratannya amble dan kemudian pada tepiannya membentuk material vulkanik gunung berapi.

Danau ini menjadi tempat wisata populer karena merupakan danau alami yang masih banyak mengandung biota air. Anda pun bisa melihat perkembangan organisme kecil dengan nyata, seperti bentos dan juga plankton.

Untuk menikmati keindahan Danau Singkarak, Anda bisa menyewa becak danau atau perahu motor untuk mengarungi danau tersebut. Bahkan ada pula warga setempat yang langsung menikmati danau tersebut dengan berenang.

Selepas menikmati keindahan danau Singkarak, Anda pun bisa menikmati kuliner yang ada di sekitar danau. Tentunya menu favorit yang wajib Anda coba seperti Ikan piyek, balingka, ikan baung, asang, dan juga sasau.

Ikan tersebut bisa dinikmati dengan cara di bakar atau digoreng kemudian dicocol dengan sambal khas daerah setempat.

Nah, untuk bisa mengunjungi Danau tersebut bisa menggunakan mini bus, angkutan umum, kendaraan pribadi, ataupun menyewa mobil.

2. Danau Semayang

Danau Semayang

Berikutnya, salah satu danau terbesar di Indonesia adalah Danau Semayang yang berada di daerah aliran Sungai Mahakam.

Danau yang memiliki luas 130 km² ini merupakan Andalan masyarakat Kalimantan Timur karena memiliki keanekaragaman hayati yang cukup beragam dan bernilai ekonomis.

Baca juga : 5 Desa Wisata yang Menyediakan Permainan Outbound Seru

Danau ini selain menjadi objek wisata, diandalkan penduduk sekitar untuk menjadi mata pencaharian. Dimana banyak warga yang berprofesi menjadi pengusaha ikan, baik ikan yang masih fresh ataupun ikan yang sudah menjadi olahan.

Selain menjadi pengusaha usaha, banyak pula warga memiliki perahu dimana angkutan tersebut dijadikan alat transportasi utama untuk mengangkut warga dari satu tempat ke tempat lainnya.

Maka dari itu, tak heran bila di danau tersebut banyak warga yang lebih sering mengggunakan perahu dibandingkan dengan alat transportasi darat.

DInas Parawisata Kaltim pun seringkali menggelar festival Danau Semayang diantaranya lomba dayung, menangkap ikan, dan lain sebagainya dengan tujuan untuk menari wisatawan lokal maupun mancanegara datang ke danau tersebut.

3. Danau Rombebai

Danau Rombebai

Di Papua tidak hanya terkenal dengan tempat wisata Raja Ampat saja, jika dieksplor lebih jauh Anda akan menemukan salah satu danau terbesar di Indonesia bernama Danau Rombebai.

Danau tersebut berada dekat Sungai Mamberani dan terletak 20 Km dari Samudra Pasifik, dengan memiliki luas 137,49 km².

Baca juga : 7 Desa Dengan Spot Pemandangan yang Bikin Orang Kota Betah Liburan

Danau ini cukup unik, walaupun cukup jauh dari laut, di dalam danau tersebut terdapat ikan hiu yang disinyalir karena danau tersebut menjadi penghubungung antara Samudera Pasifik dan Rombebai, sehingga bukan tanpa sengaja hiu tersebut dapat berenang hingga ke danau.

Selain kayak dengan keanekaragaman hayatinya, di sekitar danau pun terdapat gas alam yang berlimpah, dimana gas tersebut sudah dikelola oleh perusahaan eksplorasi minyak dan gas yang ada di Australia.

Selain itu, di sekitar danau terdapat buah-buahan khas Papua serta spesies Anggrek langka yang sering kali diteliti oleh anak-anak sekolah setempat.

Di sekitaran danau pun terdapat warung-warung yang menjajakan makanan tradisional setempat serta souvenir unik khas Papua yang bisa Anda bawa pulang untuk oleh-oleh.

Jika Anda mengunjungi danau tersebut pada musim kemarau, Jangan lupa untuk memesan minuman es kelapa muda asam manis yang bisa menyegarkan tubuh sambil menikmati keindahan danau tersebut.

4. Danau Jempang

Danau Jempang

Tak jauh dari Danau Semayang, Terdapat pula salah satu danau terbesar di Indonesia yang tidak kalah indah bernama Danau Jempang. Danau tersebut memiliki luas 150 km² yang letaknya berada di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Danau tersebut terbentuk karena adanya cekungan di tanah datar yang di banjiri air sehingga bukan disebut sebagai danau tektonik.

Danau Jempang pun menjadi salah satu obyek wisata yang wajib Anda kunjungi karena memiliki pemandangan alam yang indah dan juga kaya dengan flora fauna yang menghiasi danau tersebut.

Menuju danau tersebut dibutuhkan waktu 5 Jam dari kota Samarinda, sedangkan dari kota Balikpapan dibutuhkan waktu perjalanan 8 jam bisa menggunakan travel dengan tujuan Balikpapan ke Melak atau Bus tujuan Camp Baru dari Samarinda.

Setelah sampai di Camp Baru, Anda bisa menyewa sepeda motor untuk bisa sampai ke danau Jempang-Tanjung Isuy Kecamatan Jempang.

Selain menggunakan angkutan darat, Anda pun bisa menggunakan Kapal Motor atau perahu ketinting dari Kota Samarinda. Tentunya pengalaman baru bisa Anda rasakan ketika menaiki perahu tersebut yang menyuguhkan keindahan alam danau setempat.

5. Danau Paniai

Danau Paniai

Mengupas tentang keindahan alam Indonesia Timur memang tidak ada habisnya. Seperti pada pembahasan berikut ini yang akan dikupas mengenai danai Paniai yang berada di Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Papua.

Baca juga : 5 Desa Terindah Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Tentu saja danau tersebut merupakan salah satu danau terbesar di Indonesia dengan luas permukaan mencapai 154 km² dan tepiannya dikelilingi pegunungan maupun tebing-tebing tinggi yang indah.

Tak hanya wisatwan lokal yang mengakui keindahan tersebut, melainkan wisatawan mancanagera pun mengakuinya lewat konferensi danau Se-Dunia pada tanggal 30 November 2007 yang diikuti 157 negara. Karena itulah, danau tersebut menjadi daya tarik wisatawan dalam dan luar negeri.

Jika Anda mengunjungi danau tersebut, maka akan disuguhkan dengan beragam jenis ikan dan juga udang air tawar. Selain itu banyak pula spesies ikan pelang yang dicari para nelayan ataupun kolektor ikan karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Tak hanya itu, beragam tanaman dengan spesies langka pun bisa Anda temui serta membuat sekitar danau tampak indah dan juga menyejukkan.

6. Danau Matano

Danau Matano

Beralih Ke wilayah Sulawesi Selatan, Anda akan menemukan salah satu danau terbesar di Indonesia bernama Danau Matano yang memiliki luas permukaan 164,1 km².

Tak hanya sebagai salah satu danau terbesar, Menurut WWF danau tersebut merupakan danau tektonik terdalam di Asia Tenggara yang menduduki peringkat ke-8 di seluruh dunia dan memiliki kedalaman 590 m.

Tak hanya itu, Danau Matano pun telah terdaftar di Global Ecoregions WWF karena memiliki keragaman hayati dan ekosistem yang endemis. Tentu saja danau ini dilindungi oleh pemerintah setempat sebagai Kawasan konservasi yang bisa dimanfaatkan pula untuk tempat wisata.

Perlu diketahui bersama, danau Matano termasuk dalam daftar danau tertua di Indonesia yang diperkirakan usianya mencapai 1-4 juta tahun.

Didalamnya pun terdapat kandungan besi yang dibuktikan dengan tanahnya berwarna merah dengan sepanjang garis tepinya berwarna hitam. Konon, disekitaran danau tersebut digunakan untuk peleburan dan pembakaran besi pada abad ke 14 M.

7. Danau Poso

Danau Poso

Danau berikutnya yang menjadi salah satu danau terbesar di Indonesia adalah Danau Poso. Danau yang memiliki luas permukaan 323,2 km² ini berada di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Danau ini menjadi danau terdalam ketiga yang memiliki kedalam 450 m dan bisa menampung air sebanyak 216 gigaliter.

Ketika Anda mengunjungi danau tersebut maka akan disuguhi dengan berbagai jenis binatang air yang langka dan juga endemik, seperti Andiranichthys, Nomorhamphus celebensis, Oryzias nebulosus, serta Mugilogobius amadi.

Setelah puas dengan beragam jenis binatang air, di area hutan pun terdapat beragam flora fauna, seperti Anggrek liar yang berada di Desa Bancem Sapi hutan, dan Babi Rusa yang sudah hampir punah.

Untuk bisa menempuh waktu perjalanan menuju danau tersebut kurang lebih sekitar 8 jam dari kota Palu. Sedangkan dari kota Posonya sendiri bisa ditemput selama 1,5 jam.

Setiap tahunnya, pemerintah setempat selalu menyelenggarakan acara Festival Danau Poso yang menampilkan pagelaran budaya untuk menarik wisatawan berkunjung ke tempat tersebut.

Jangan lupa mencicipi kuliner khas setempat yaitu ikan sogili bakar yang rasanya membuat ketagihan dan ingin datang kembali ke tempat tersebut.

8. Danau Tempe

Danao Tempe

Masih di wilayah Sulawesi, tepatnya di Sulawesi Selatan berada di tiga Kecamatan Tempe, Belawa, Tanah Sitolo, Maniangpajo, dan Sabbangparu di Kabupaten Wajo, terdapat sebuah danau yang bernama danau tempe yang memiliki kedalam sekitar 5 meter.

Danau tersebut begitu istimewa karena memiliki spesies ikan air tawar yang jarang ditemui di tempat lain. Keragaman tersebut dikarenakan letaknya berada di atas pertemuan lempengan Benua Asia dan Australia. Karena keragaman tersebut sangat menungkinkan untuk terjadinya percampuran fauna dari dua benua tersebut.

Selain dijadikan tempat wisata, di danau tersebut ada pula perayaan Maccera Tappareng yang selalu diadakan masyarakat setempat dengan tujuan agar danau tersebut selalu suci.

Perayaan pun ditandai dengan pembelihan hewan kemudian dilakukan atraksi lomba perahu hias atau permainan rakyat setempat yang kerap menarik perhatian para wisatawan.

9. Desa Towuti

Danau Towuti

Desa Towuti ini beradi di Sulawesi Selatan, Kabupaten Luwu Timur. Danau tersebut memiliki luas permukaan kurang lebih 561,1 km².

Danau tersebut berusia 1-4 juta tahun yang terbentuk dari patahan yang diakibatkan oleh aktivitas tektonik.

Danau ini sangat unik karena di tengah permukaannya terdapa Pulau Kembar, Bolong, dan Loeha yang semakin mempercantik danau.

Danau tersebut kerapa menjadi tempat wisata karena keragaman hayati endemisnya.

10. Danau Toba

Danau Toba

Danau Toba merupakan danau terbesar nomor satu di Indonesia yang memiliki luas permukannya sekitar 1.130 km². Danau yang terletak di tengah-tengah Sumatra Utara ini juga disebut-sebut sebagai danau vulkanik paling besar di dunia.

Para wisatawan yang berkunjung ke danau Toba pun bisa melakukan aktivitas mandi di tepi dnaau, naik perahu bebek, ataupun mencicipi kuliner setempat sambil menikmati keindahan alam danau toba.

Penutup

Nah, itulah dia 10 danau terbesar di Indonesia yang menjadi objek wisata populer. Bagaiman sudahkah Anda menentukan tempat mana yang akan dikunjungi bersama keluarga tercinta. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

5 Desa Terindah di Sumatera Barat, Surga Tersembunyi Indonesia

Mendengar kata daerah Sumatera Barat, boleh jadi Anda akan terniang dengan cerita Malin Kundang yang melegenda. Atau bisa jadi Anda akan teringat dengan jam gadang, kuliner berbahan santan yang mendominasi, serta ciri lainnya.

Tentu saja hal tersebut bisa dengan gampangnya Anda ingat, karena semua ciri khas tersebut terus diperkenalkan oleh penduduk lokal maupun dinas pariwisata untuk bisa menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tetapi selain ciri khas di atas, Sumatera Barat pun memiliki desa-desa dengan pemandangan indah yang tentunya wajib untuk Anda datangi.

Bahkan, salah satu desa tersebut masuk kedalam kategori desa terindah di dunia sehingga para wisatawan mancanegara ketika berkunjung ke Sumatera Barat pasti akan berkunjung ke desa tersebut.

Nah, Jika Anda belum mengetahui tempat desa-desa terindah di Sumatera Barat, berikut akan kami paparkan ulasannya di bawah ini!

Mengenal Nama-Nama Desa Terindah di Sumatera Barat

1. Desa Nagari Pariangan

desa indah di sumatera barat Nagari pariangan

Beberapa tahun lalu, media online dalam dan luar negeri mengabarkan tentang keindahan desa Nagari Pariangan.

Sehingga hal tersebut membuat penasaran para wisatawan terutama saat tengah berlangsungnya event balap sepeda Internasional di Padang, wisatawan pun melonjak tajam ke desa tersebut.

Baca juga : 5 Desa Wisata yang Menyediakan Permainan Outbound Seru

Perjalanan yang bisa ditempuh ke Nagari Pariangan dari Kota Padang sekitar tiga jam, bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi atau umum.

Lokasi desa tersebut tepatnya berjarak sekitar 14 Km dari kota Batusangkar, Ibu kota Kabupaten Tanah Datar.

Posisi desa tersebut berada di bawah lereng Gunung Marapi yang memiliki ketinggian 700 meter di atas permukaan laut.

Dengan posisi tersebut, sudah bisa Anda nilai bahwa desa Nagari memiliki udara yang cukup sejuk sehingga membuat orang betah dan nyaman ketika berkunjung.

Desa ini bisa terpilih sebagai desa terindah di dunia selain karena keindahan alam juga karena masyarakat dan pemerintah setempat mampu mempertahankan warisan budaya leluhur mereka. Sehingga di desa tersebut tampak kearifan lokal yang digunakan untuk modal mengembangkan desa tersebut.

Ketika Anda mengunjungi tempat tersebut, Anda akan menemukan masjid terbesar yang usianya sudah mencapai ratusan tahun, masjid tersebut bernama Masjid Ishlah. Keunikan masjid ini bisa dilihat dari gaya arsitektur Dongson ala dataran tinggi Tibet yang menggambarkan kemajuan peradaban Minangkabau sejak dulu kala.

Selain masjid, Anda pun akan menemukan rumah tradisional dari masyarakat setempat yang dikenal dengan rumah gadang. Dinding dari rumah tersebut dibuat dari anyaman rotan, serta ukiran kayu yang menggambarkan ciri khas dari Sumatera Barat.

Nama desa Nagari sendiri diambil dari sistem pemerintahan khas masyarakat Minangkabau yaitu populer dengan sebutan Nagari sehingga dikenal sebagai desa kuno di wilayah tersebut.

Hanya saja sistem pemerintah tersebut tidak berlangsung lama seiring dengan keluarnya undangn-undang perubahan sistem pemerintah tingkat bawah yang diubah menjadi sistem pemerintahan desa.

Masyarakat Minangkabau sendiri menyebut desa tersebut dengan ‘’Tampuk Tangkai Alam Minangkabau’’ yang memiliki arti tempat pertama munculnya kehidupan di alam.

Sehingga desa tersebut menjadi kebanggan masyarakat Minangkabau dan juga menjadi kebanggan bangsa Indonesia yang patut untuk dilestarikan.

2. Desa Pandai Sikek

desa pandai sikek sumatera barat desa terindah pulau sumatera

Desa terindah di Sumatera Barat berikutnya adalah Desa Pandai Sikek yang berada di Kecamatan Sepuluh Koto, sebelah Barat Batusangkar, berbatasan dengan Kabupaten Agam, Kota Padang Panjang.

Baca juga : 7 Desa Dengan Spot Pemandangan yang Bikin Orang Kota Betah Liburan

Desa yang memiliki luas 22 KM persegi juga gampang dicari karena berada dekat dengan jalan lintas Sumatera di jalan Padang-Bukittinggi.

Cuaca di desa Pandai Sikek cukup sejuk dengan suhu mencapai 27 derajat celcius. Dengan suhu tersebut, maka pertanian, perikanan, dan perkebunan banyak Anda temui di desa tersebut.

Karena itulah, mayoritas penduduknya memiliki mata penacaharian petanu dan juga dikenal sebagai desa wisata kerajinan karena banyak hasil tenun dan ukiran yang Anda jumpai di desa tersebut.

Masyarakat setempat sangat taat beragama dan masih menjunjung tinggi adat Salingka Nagari dengan memiliki semboyan jalan duo nan baturuk, kato duo nan bapakai.

Arti dari semoboyan tersebut bila dijabarkan adalah seperti berikut ini. Jalan duo itu adakah agama dan adat, Kato duo itu adalah kato pusako dan kato buek. Kato pusako adalah peraturan yang telah di buat semenjak orang-orang terdahulu, Sedangkan kato buek adalah peraturan yang dirancang dengan jalan mufakat.

Ketika Anda mengunjungi desa tersebut, panorama alam pengunungan serta hamparan sawah akan menyambut para tamunya. Panorama alam tersebut mampu memanjakan pandangan dan pikiran Anda dari hiruk pikuknya kota.

Anda pun akan semakin kagum dengan masyarakat setempat yang banyak melakukan aktivitas menenun, mengukir kayu, dan mengerjakan kesenian tradisional lainnya.

Selain hasil pertanian yang menjadi sumber penghasilan, mereka pun meraup keuntungan dari tenun dan ukiran yang memang sangta indah dan layak diperkenalkan ke Mancangeara.

Kain-kain tenun yang dibuat pun ada yang khusus dikenakan saat upacara adat dan hal itu menjadi daya tarik wisatawannya yang datang ke desa tersebut.

3. Desa Madobak Mentawai

desa mentawai sumatera barat indonesia

Desa terindah di Sumatera Barat berikutnya adalah desa Madobak Mentawai. Desa ini selain memiliki alam yang indah juga memilii keragaman budaya tradisional sehingga menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke tempat tersebut.

Baca juga : 5 Desa Terindah Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Untuk bisa mengunjungi desa Madobak Anda harus melewati perjalanan yang cukup panjang dimulai dari Muara Siberut, lalu mengambil rute Purou-Muntei-Rokdok-Madobak-Ugai-Butui-Matotonan.

Ketika Anda mengunjungi tempat tersebut maka akan menemukan rumah tradisional yang dikenal dengan sebutan Uma. Sedangkan upacara tradisionalnya yang sering digelar adalah Shaman atau Sikerei.

Desa Madobak juga memiliki wisata alam yang terkenal yaiut air terjun Kulu Kubuk yang memiliki air terjun dua tingkatan setinggi 70 meter.

Desa Madobak selain masuk dalam kategori desa terindah juga terpilih sebagai desa adat terbaik yang masuk menjalankan tradisi dan adat leluhur yang begitu kental. Salah satu tradisi yang fenomenal adalah memiliki tato adat tertua di dunia.

Ketika berkunjug ke desa tersebut, Anda akan merasa betah terlebih melihat keindahan desa yang berada di hulu sungai Siberut selatan yang juga berdekatan dengan desa-desa lainnya seperti Ugai.

Selain keindahan alam, tradisi yang biasanya masih dijalankan adalah pesta adat Sikkerei yang penuh dengan mistik dan mengundang penasaran dari wisatawan yang hadir ke desa tersebut.

Upacara tersebut dilakukan ketika ada yang menikah mendapatkan pekerjaan, atau memiliki rumah baru. Inti dari upacara tersebut adalah untuk menyembuhkan seseorang dari roh jahat dan juga mengusirnya.

Ketika upacara berlangsung dukun yang memimpin upacara tersebut juga mengenakan pakaian dan ikat kepala yang terbuat dari manik-manin berwarna-warni.

Selain itu, penduduk setempatnya memiliki tato Mentawai tersebut yang terbuat dari kelapa dan juga pewarna arang tebu. Pembuatan tato tersebut biasanya menggunkan pin atau paku dengan dua potong kayu sebagai landsan serta palu. Biasa dibayangkan bukan betapa menyakitkannya pembuatan tato tersebut?

Tradisi lain yang juga unik dan perlu Anda ketahui adalah tentang penggunaan kayu untuk memasak. Boleh jadi tradisi tersebut bisa Anda temui di beberapa daerah di Indonesia. Tetapi, yang unik disini adalah setiap jenis hidangan disajikannya dalam satu mangkuk dan anggota keluarga biasanya akan makan dari mangkuk yang sama pada waktu yang sama.

4. Desa Sungai Nyalo Painan

desa sungai nyalo sumatera barat

Untuk Anda yang berencana mengunjungi Sumatera Barat, jangan lupa untuk berkunjung ke salah satu desa terindah Sumatera Barta yang Bernama Desa Sungai Nyalo, Painan.

Di desa tersebut menyimpan keindahan alam yang begitu menakjubkan, seperti bukit Mandeh yang menyajikan pemandangan batu-batu berbentuk pulau dan pantai Carocak yang masih terlihat alami dan juga asri.

Para turis asing menjuluki pantai tersebut dengan nama ‘’Paradise of the South’’ karena memang masih asri, bersih, dan uniknya sangat dikenal wisatawan asing dibandingkan wisatawan lokal.

Desa tersebut selain masuk dalam kategori desa terindah juga masuk dalam desa dengan perkembangan tercepat. Untuk bisa mendatanginya, Anda bisa temukan di kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Selain alamnya yang indah, Desa Sungai Nyalo ini memiliki keunggulan dalam budaya gotong royong yang sangat kental di kalangan masyarakat.

Pembangunannya dilakukan secara bergotong royong sehingga bisa menyandang predikat sebagai desa dengan pembangunan tercepat yang dtetapkan oleh Kementrian desa Sungai Nyalo. dan terpilih menjadi desa berprestasi di tingkat provinsi.

Jangan lupa pula untuk mampir ke daerah Mandeh yang memiliki banyak terumbu karang yang indah. Tak jauh dari situ terdapat hutan mangrove seluas 400 hektare yang masih diisi dengan biota laut yang beraneka ragam jenisnya.

5. Desa Kampung Buih

kampung buih sumatera barat

Desa berikutnya yang menjadi salah satu desa terindah di Sumatera Barat adalah desa Kampuang Buih. Letak desa tersebut berada di Kecamatan Bunguh Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat.

Di Sumatera Barat sendiri desa tersebut dikenal dengan desa wisata yang menawarkan keindahan pantai. Jadi, untuk Anda yang senang dengan pantai sekaligus segala aktivitasnya maka bisa mengunjugi tempat tersebut.

Keindahan desanya bisa Anda temui saat melihat keindahan terumbu karang yang berdiri kokoh, ikan-ikan hiasa yang siap menemani Anda berenang, dan bisa menggunakan perahu atau banana boat untuk menikmati keindahan pantai yang masih asri, jernih, dan juga bersih.

Karena air laut yang masih jernih jangan lupa untuk memanfaatkan fasilitas snorkling yang akan membuat Anda takjub dengan kehidupan di bawah laut.

Selain aktivitas di pantai, Anda pun bisa melihat tempat-tempat indah yang berbatasan dengan desa tersebut, diantaranya adalah Sikuai, Sirandah, Pasumpaha, Pulau Pagang, serta pulau-pulau lainnya yang pastinya akan memanjakan Anda selama berada di sana.

Puas bermain di pantai dan mengitari pulau, jangan lupa untuk mencicipi kuliner di laut yang didominasi makanan laut yang menggiurkan.

Untuk mengunjungi tempat tersebut, perjalanan yang bisa ditempuh adalah sekitar 30 menit dari Kota Padang. Untuk menjangkaunya bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Ketika Anda berkunjung ke desa tersebut akan dikenakan biaya Rp 5.000 untuk satu orang. Dan kemudian nikmati keindahan alam sepuasanya.

Penutup

Banyaknya tempat indah dan menarik di Sumatera Barat menjadikan kita sebagai bangsa Indonesia pun perlu melestarikannya. Cara melesatarikannya selain menjaga kebersihan dan menghormati adat setempat, juga tidak ada salahnya untuk mempromosikan keindahan tersebut lewat sosial media yang kita miliki.

Semoga bermanfaat.

5 Desa Wisata yang Menyediakan Permainan Outbound Seru

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki sumber daya alam indah dan juga memiliki potensi yang luar biasa. Desa-desa tersebut hampir tersebar merata di setiap kotanya, sehingga menarik perhatian wisatawan atau penduduk kota untuk datang ke desa.

Karena itulah, dinas pariwisata setempat pun melirik desa-desa yang ada disetiap kota untuk dijadikan sebagai desa wisata.

Tentu saja penerapan ini dilalui dengan proses panjang karena tidak semua desa bisa dijadikan tempat tersebut.

Karena ada pula desa-desa di Indonesia yang belum mau terbuka dengan dunia luar. Mereka tetap bersikukuh untuk melestarikan desa sesuai adat atau kebiasaan leluhurnya.

Biasanya desa wisata ini menawarkan keindahan alam untuk bisa dinikmati oleh para wisatawan. Seperti melihat cara Bertani, berternak, hingga petualangan alam yang memacu adrenalin, yaitu outbound.

Nah, untuk aktivitas outbound sendiri tidak semua desa bisa membuka hal tersebut karena disesuaikan dengan keadaan lingkungan alam yang dimilikinya.

Jika Anda senang dengan outbound, maka perlu mencoba aktivitas tersebut di 5 desa wisata yang memiliki fasilitas tersebut.

Lalu, dimanakah Anda bisa mencobanya? Yuk, simak bersama ulasannya di bawah ini!

1. Desa Wisata Cikole Lembang, Jawa Barat

desa wisata cikole lembang jawa barat

Jika Anda liburan ke Lembang dan menyukai wisata alam yang memacu adrenalin, datanglah ke desa wisata Cikole Lembang.

Baca juga : 7 Desa Dengan Spot Pemandangan yang Bikin Orang Kota Betah Liburan

Di daearah tersebut memang banyak terdapat wisata alam yang menawarkan keindahan alam berbeda, salah satunya desa wisata Cikole Lembang tersebut.

Sepanjang jalan menuju desa tersbeut Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam menakjubkan seperti perkebunan teh yang terhampar luas, pedagang-pedagang yang menawarkan hasil pertanian dan perkebunan, pohon pinus yang berdiri dengan gagahnya, serta udara yang bersih dan dingin.

Wajar bila hal tersebut Anda rasakan dan temukan karena desa wisata tersebut berada di ketinggian 1400 meter dari permukaan air laut dengan suhu udara sejuk 5-20 derajat celcius.

Karena sudah menjadi desa wisata, tempat penginapan pun bisa dengan mudah Anda temukan. Tempat penginapan favorit pun adalah Grafika Cikole Lembang yang menawarkan konsep penginapan seperti rumah para kurcaci yang ad di putri salju.

Fasilitas Outbound yang ditawarkan pun begitu lengkap dan seru seperti Flying fox, paint ball, jaring laba-laba, Jembatan Burma, Jembatan Elvis Jembatan Tali Dua, Turun Tebing, Atv, Rumah Pohon, dan permainan tradisional Jawa Barat.

Fasiltas outobound tersebut biasanya dilakukan oleh kelompok, sehingga banyak sekolah, perusahaan, dan instansi terkait yang berkunjung ke desa tersebut untuk melakukan outbound.

Paket outbound yang dibuat pun ada yang untuk dewasa, anak-anak, ataupun keluarga. Sehingga outbound pun bisa dilakukan dengan optimal. Terlebih setiap peserta akan dibimbing oleh tenaga outbound yang sudah profesional dan berpengalaman di bidang tersebut.

2. Desa Wisata Cihanjuang Raya, Kabupaten Bandung Barat

Ciwangun indah camp

Berikutnya masih di daerah Jawa Barat yaitu desa Cihanjuang Raya, Parongpong, Bandung Barat pun Anda akan menemukan tempat permainan outbound yang seru.

Desa Cihanjuang tersebut memang sudah ditata untuk desa wisata terutama untuk permainan outbound tersebut, jika Anda ingin kesana maka carilah tempat bernama Ciwangun Indah Camp atau dikenal dengan CIC.

Baca juga : 5 Desa Terindah Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Karena di Jawa Barat, khususnya Kabupaten Bandung tersebut banyaknya perkebunan teh, maka saat Anda menuju tempat tersebut akan disambut pula oleh hamparan perkebun teh yang luas disepanjang jalan dan hutan pinus yang berdiri dengan gagah disepanjang jalan menuju desa tersebut.

Di desa wisata tersebut Anda akan menemukan danau buatan yang ‘’melantunkan’’ gemercik air yang indah. Di sekelilingi danau tersebut, terdapat saung atau gazebo sebagai tempat beristirahat.
Fasilitas lain seperti saung makan, aula, villa, kebun strawberry pun bisa Anda gunakan untuk refreshing.

Selain fasilitas tersebut, tentu saja Anda akan menemukan area outbound seru yang pastinya akan memberikan kenangan yang tidak terlupakan.

Adapun fasilitas Outbound yang bisa Anda ikuti di desa tersebut adalah sebagai berikut;

  • Kegiatan Camping dimana area campingnya sudah tersedia dengan menawarkan pemandangan alam yang begitu menakjubkan.
  • Flying Fox di desa tersebut memiliki ukuran yang beragam disesuaikan dengan usia, yaitu ukuran 70 hingga 250 meter. Tentunya semakin tinggi ukurannya semakin seru untuk dilakukan.
  • High Rope, Permainan tali diatas ketinggian yang memerlukan konsentrasi dan juga ketangkasan, ketelitian yang tinggi.
  • Ice Breaking, berbagai macam iice breaking untuk bisa mencairkan suasana dengan sesama peserta dan juga pembimbing setempat.
  • Paint Ball, untuk Anda yang menyukai dunia olahra tembak menembak layaknya orang-orang sedang berperang. Peluru yang dgunakan pun biasnaya terbuat dari cat yang dimasukan ke sebuah bola berukutan kecil.
  • Spider Web, tali yang dibuat menyerupai jaring laba-laba. Tentunya setiap anggota harus bisa melewati spider web tersebut.
  • Rock dan Wall Climbing, untuk Anda yang hobi memanjat tebing bisa diaplikasikan di desa tersebut.
  • Soft dan Hard Trekking, rasakan serunya menelusuri desa dengan track-track yang sangat menantang
  • Berkuda, bisa dilakukan oleh anak-anak
  • ATV, dengan menggunakan ATV Anda akan menelusuri jalan-jalan di desa dengan trek yang menantang.

3. Desa Wisata Tinalah, Yogyakarta

desa wisata jogja outbond

Yogyakarta dikenal dengan koa yang memiliki udara cukup panas. Namun, Yogyakarta ini selain menawarkan wisata budaya juga terdapat wisata alam yang seru untuk melakukan outbound.

Salah satu tempat yang menawarkan pengalaman outbound seru tersebut berada di desa wisata Tinalah.

Di desa wista Tinalah berada di daerah Kulon Progo yang merupakan derah dataran tinggi di Yogyakarta. Karena itu udaranya sangat sejuk dan Anda bisa menikmati suasana pedesaan yang membuat betah tinggal di tempat tersebut.

Selain itu, pemandangan alam yang ditorehkan adalah pegunungan Menorah, Sungai Tinalah, dan Juga Puncak Kleco Kulon Progo. Karena keindahan desanya banyak wisatawan yang datang dan menginap di Desa Wisata Tinalah.

Desa Wisata ini sudah cukup dikenal, karena itu selain wisatawan dalam dan luar negeri, desa tersebut juga melayani kegiatan outbound untuk perusahaan, instansi pemerintahan, anak-anak sekolah dari TK hingga perguruan tinggi, komunitas, oraganisasi, dan lain sebagainya.

Para wisatawan tidak hanya diajak untuk menikmati pemandangan desa, tetapi juga diajak terjun langsung untuk mencoba segala sesuatu yang baru di tempat tersebut lewat berbagai macam permainan.

Seperti ice breaking, melakukan tracking menelusuri desa, menelusuri sungai dengan menggunakan perahu ban, hingga menikmati berbagai macam permainan air di Embung Duren sambil melihat panorama alam Pegunungan Menoreh.

Tak hanya itu, Anda pun bisa menginap di Joglo Wiguna dan Omahku dimana tempatnya sangat kental dengan budaya Yogyakarta.

Jika ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda, Anda bisa menginap di alam terbuka dengan mengunakan fasilitas camping area.

Outbound ini pada dasarnya penting dilakukan dan diikuti karena akan menumbuhkan rasa percaya diri, fokus, belajar untuk bekerjasama, meningkat jiwa kepemimpinan, mengeratkan persahabatan, keakraban, dan lain sebagainya.

Untuk mengunjungi desa wisata Tinalah tersebut Anda bisa mengaksesnya dengan menggunakan kendaraan pribada roda dua dan empat ataupun kendaraan umum, seperti bus.

4. Desa Wisata Brayut, Pandowoharjo, Sleman

Wisata Brayut, Pandowoharjo, Sleman

Desa wisata Brayut merupakan desa budaya dan bertani yang berada di Jalan Palagan-Brayut, Dusun Brayut, Desa Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Jika Anda sangat ingin menikmati suasana desa seperti dulu yang sudah mulai jarang, maka Anda bisa datang ke desa Brayut ini yang mengusung pertanian dan juga budaya.

Jelas saja ini juga akan menjadi pengalaman outbound Anda yang berbeda dimana desa ini menawarkan paket-paket menarik untuk para wisatawannya, seperti;

  • Menangkap Ikan di Sungai dan Koam
  • Belajar Membatik
  • Belajar Bertani
  • Belajar memainkan musik tradisional seperti gamelan
  • Belajar membuat kerajinan dari janur, dan lain sebagainya

Layaknya penduduk desa, rutinitas seperti menanam padi, membajak sawah serta bisa mandi di sungai pun bisa dilakukan di desa wisata Brayut.

Desa wisata Brayut pun sudah didesign sedemikian rupa sehingga memiliki saran dan prasarana yang nyaman untuk para wisatawan, seperti tersedianya ruang pertemuan joglo, homestay dengan konsep pedesaan yang nyaman dan bersih, Masjid, sanggar tari, sanggar membatik, sanggar karawitan, dan toko souvenir yang menjual barang-barang khas daerah tersebut.

Desa tersebut juga sering menjadi tempat pembelajar anak-anak sekolah dari usia TK hinga perguruan tinggi. Dan tentu sjaa sangat dicari dan menjadi tempat tujuan wisata populer wisatawan lokal maupun mancanegara.

5. Desa Carangsari, Badung, Bali

Desa Carangsari, Badung, Bali

Desa wisata berikutnya yang menyediakan permainan outbound seru adalah desa Carangsari, Badung, Bali.

Masyarakat di desa tersebut mayoritas melakukan bercocok tanaman karena di sekeliling daerahnya terdapat sawah dan juga perkebunan yang menjadi andalan masyarakat setempat.

Karena memiliki pemandangan alam yang begitu indah, sebagian masyarakatnya pun membuka sebuah fasilitas outbound untuk para wistawan lokal maupun mancanegara.

Aktivitas outbound yang ditawarkan di desa tersebut adalah paintball, rafting, camping, team building, flying fox, fun games dan lain sebagainya.

Banyaknya peminat yang melakukan outbound di desa tersebut, maka fasiitas yang ditawarkan pun cukp lengkap seperti meeting room, restaurant, tempat penginapan, dan lain sebagainya.

Selain permainan yang disebutkan di atas, jenis outbound yang menjadi favorit wisatawan adalah dengan melakukan trekking.

Dimana para wisatawan diajak berpetualang dan menikmati keindahan alam dengan berjalan kaki. Anda akan diajak jalan-jalan ke tengah-tengah persawagan, hutan, dan melewati jalur-jalur yang memacu adrenalin dan menantang melewati jurang untuk bisa menuju sungai Ayung yang memiliki keindahan alam yang begitu menakjubkan

Selain trekking ada pula fasilitas team building, dimana para wisatawan biasanya terdiri dari anak sekolah atau instansi tertentu dibuat beberapa kelompok untuk melakukan hal-hal yang bisa mendekatkan kepada keakraban, kerjasama, percaya diri, dan lain sebagainya.

Untuk memilih fasilitas tersebut, Anda akan dipandu oleh team yang sudah berpengalaman di bidangnya sehingga aktivitas tersebut akan sangat menyenangkan dan menawarkan pengalaman baru.

Penutup
Nah, itulah dia 5 desa wisata yang menyediakan permainan outbound seru. Bagaimana sudah terpikirkan daerah manakah yang akan Anda kunjungi untuk bermain outbound?

Tentunya di Indonesia sendiri Sudha banyak desa wisata yang tersebar di beberapa kota. Boleh jadi, di satu kota tersebut terdapat banyak outbound seru.

Outbound ini sesekali perlu dilakukan untuk melepas penat dari aktivitas pekerjaan yang sangat melelahkan. Bahkan bisa juga dilakukan sebagai ajang untuk mengetahui karakteristik dari setiap karyawan Anda.

Selamat mencoba.

7 Desa Dengan Spot Pemandangan yang Bikin Orang Kota Betah Liburan

Di kota terkadang bukanlah tempat yang tepat untuk liburan. Hiruk pikuk kota yang mencekam, polusi udara yang sudah tidak asri, membuat orang-orang kota ingin mengunjungi desa untuk beristirahat ataupun menenangkan pikiran.

Di desa sendiri identik dengan pemandangan hijau yang terhampar luas dari sawah-sawah dan juga perkebunan. Belum banyaknya infrasturktur dan alat transportasi, membuat udara di desa begitu bersih dan juga asri.

Selain udaranya yang bersih, spot pemandangan di setiap desa pun selalu menarik dan layak untuk dikunjungi.

Apalagi, jika Anda mengunjungi sebuah desa yang berada di ketinggian, pasti akan menemukan pemandangan alam yang membuat Anda betah untuk liburan.

Untuk mengetahui desa mana sajakah yang memiliki spot pemadangan menarik dan indah, berikut akan kami paparkan tentang 7 spot pemandangan di desa yang bikin Anda betah liburan.

Semakin penasaran?Ini Dia Ulasannya !

1. Desa Hahoe, Korea Selatan

Spot pemandangan desa di korea

Di Korea selain terkenal dengan kebudayaan, kuliner, dan jug artis-artisnya, terdapat sebuah desa yang memiliki spot pemandangan menarik, yaitu desa Hahoe yang berada di provinsi Gyeongsangbuk-do.

Desa ini memiliki spot yang indah karena desa tersebut dibangun dan dibentuk mirip dengan bunga teratai.

Bangunan rumah yang berderet pun memiliki arsitektur indah dan klasik. Karena itulah, Desa Hahoe masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO.

Warga yang menetap di desa tersebut memiliki marga-marga tertentu dan hidup dengan damai.

Jika Anda berkunjung ke sana, tentu saja jangan lupa untuk selfie dengan spot rumah-rumah yang bergaya klasik dan berjejer dengan rapih di desa tersebut.

Tidak hanya itu, Anda bisa berjalan kaki dan menikmati suasana tempo dulu di era Joseon.

Rumah yang berada di desa tersebut benar-benar akan mengingatkan Anda pada suasana tempo dulu.

Dimana rumah kuno tersebut beratap jerami. Sedangkan rumah yang beratap genteng hampir tidak ada di tempat tersebut, dikarenakan rumah beratap genteng hanya untuk parang bangsawan.

Di desa ini pun Anda akan melihat budaya asli dari penduduk Korea, seperti cara minum teh, memainkan musik tradisional, memasak makanan tradisional, serta menikmati tarian topeng yang menjadi ciri khas desa tersebut.

2. Desa Sumber Brantas, Batu Malang

desa sumber brantas batu malang

Desa berikutnya yang memiliki spot pemandangan indah dan betah untuk berlibur adalah desa Sumber Brantas yang berada di Batu Malang.

Di Batu Malang terdapat tempat-tempat menarik dan indah seperti selecta batu, Coban Talun, Jatim park, dan lain sebagainya.

Nah, diantara keindahan tempat wisata tersebut terdapat desa Sumber Brantas yang memiliki spot indah, yaitu terdapat perkebunan yang luas begitu asri dan juga indah.

Tidak hanya hamparan perkebunan saja yang bisa Anda lihat, di desa Sumber Brantas pun terdapat taman bunga yang mampu memanjakan mata Anda.

Di desa Sumber brantas ini terdapat banyak pohon rindang di sepanjang jalan setapak, layaknya di negeri dongeng.

Ketika Anda sampai di perkebunan, jangan lupa untuk menyiapkan kamera dan pose terbaik Anda, karena terdapat banyak bunga berwarna pink dan ungu yang begitu indah.

Baik cuaca cerah maupun mendung, desa tersebut diselimuti kabut sehingga Anda benar-benar merasakan suasana alam di Indonesia.

Tidak hanya itu, Anda pun akan bertemu dengan para petani sayuran dan buah-buahan yang setiap harinya berada di kebun tersebut.

Setidaknya, Anda akan sedikit tahu bagaimana proses bibit tersebut ditanam ataupun dipanen.

3. Desa Reine, Norwegia

spot pemandangan desa di Norwegia

Desa berikutnya yang memiliki spot pemandangan indah dan bikin betah liburan adalah desa Reine yang berada di Norwegia.

Desa Reine adalah desa nelayan yang berada di Norwegia, tepatnya berada di kepulaun Lofoten.

Spot pemandangan desa yang memiliki penduduk 300 jiwa penduduk ini dimulai dari deretan pulau-pulau indah, latar belakang gunung yang berselimutkan salju, hingga warna rumah penduduknya yang memiliki warna merah.

Semua pemandangan tersebut akan membuat Anda nyaman dan betah untuk liburan.
Karena memang banyak wisatawan yang berkunjung ke desa tersebut, membuat penduduk setempat yang mayoritas adalah nelayan ‘’menyulap’’ cottagenya menjadi tempat penginapan yang nyaman dan bersih.

Saat Anda liburan di desa tersebut, aktivitas berjalan kaki, bersepeda, naik perahu, memancing, melihat ikan paus berenang, hingga mendaki gunung Reinebringen untuk melihat spot pemandangan yang lebih indah dari ketinggian gunung tersebut.

4. Desa Penglipuran, Bali

spot pemandangan desa di bali

Mendengar kata Bali pasti Anda akan teringat dengan keindahan pantai yang mempesona di setiap wilayahnya.

Tidak hanya itu, Bali masih kental dengan adat dan budaya khas setempat, terbukti dengan banyaknya upacara adat yang bisa Anda temui di Bali ataupun tempat wisatanya.

Selain menyajikan keindahan pantai, budaya, dan adat setempat, rupanya di Bali terdapat sebuah desa yang memiliki spot pemandangan indah dan betah untuk liburan, desa tersebut bernama Desa Penglipuran.

Desa tersebut berada di Kabupaten Bangli berada di dataran tinggi 700 meter dari permukan laut.

Karena itulah, kondisi desa tersebut sangat sejuk, nyaman, bersih, dan juga indah.
Ketika Anda memasuki desa tersebut, akan menemukan arsitektur khas Bali yang melekat pada gapura atau gerbang pintu masuk desa tersebut.

Ketakjuban Anda akan semakin meningkat ketika melihat rumah-rumah tradisional yang tertata dan berderet dengan rapi di desa tersebut.

Rumah – rumah yang berada di atas luas 112 hektar tersebut merupakan rumah tradisional di Bali dimana atapnya terdapat dari pohon bambu.

Wajar bila menggunakan pohon bamboo, karena tak jauh dari desa terdapat hutan pohon bamboo yang masih terjaga kelestariannya.

Tak hanya itu, Anda pun akan dimanjakan dengan banyaknya bunga-bunga dan tumbuhan yang bisa Anda temukan di sepanjang jalan desa tersebut.

Anda pun akan semakin betah liburan di tempat tersebut, dimana bisa melihat penduduk setempat yang pergi ke sawah setiap harinya.

Tentu kesempatan tersebut bisa Anda manfaatkan untuk melihat langsung aktivitas-aktivitas petani di sawah.

5. Desa Xijang Miao, Tiongkok

spot pemandangan desa di Tiongkok

Jika Anda berkunjung ke Tiongkok, jangan lupa untuk mampir sebuah desa yang memiliki spot pemandangan indah yaitu Desa Xijang Miao.

Desa tersebut begitu indah menakjubkan karena Anda akan menemukan deretan seribu rumah yang berjejer dilengkapi dengan pemandangan alam yang membuat terkagum-kagum.

Wajar bila pemandangan alam tersebut yang Anda temukan karena desa Miao dikelilingi oleh pengunungan yang saling tumpang tindih membuat spot pemandangan yang begitu cantik.

Selain pegunungan, Anda pun akan menemukan perbukitan, dan juga sungai besar yang mengalir di sepanjangn desa Miao.

Anda pun akan semakin betah dengan penduduk setempat yang memang ramah.

Mereka tidak akan segan-segan mengajak tamunya untuk makan siang bersama di rumahnya sambil menikmati suasana desa yang begitu indah.

Tentunya jangan lupa untuk mengabadikan moment-moment penting di desa tersebut. Kenalkan pada dunia, bahwa ada desa di Tiongkok yang memiliki spot pemandangan yang begitu cantik.

6. Desa Argosari, Lumajang Jawa Timur

spot pemandangan di desa argosari lumajang

Desa Argosari ini bisa Anda temukan sebelum memasuiki area Gunung Bromo. Desa tersebut juga merupakan pintu masuk untuk bisa mendaki ke puncak B29 dan B30 yang begitu populer di Lumajang Jawa Timur.

Desa ini disebut dengan desa di atas awan karena berada di ketinggian 2.900 meter di atas permukaan laut.

Spot pemandangan yang bisa Anda lihat di desa tersebut adalah sekumpulan awan dari tempat yang di atas gunung.

Tidak hanya itu, Anda pun bisa melihat matahari terbit di pagi hari dengan suasana yang cantik dan menawan.

Untuk bisa melihatnya, Anda harus mendaki sejak dini hari yaitu pukul 4 pagi.

Karena cuaca yang cukup dingin mencapai 5 derajat celcius, maka Anda harus mempersiapkan diri dengan menggunakan jaket tebal, kaos kaki, sarung tangan, dan lain sebagainya.

Bila Anda mendaki dari arah selatan, pemandangan yang bisa Anda lihat selain gunung Bromo adalah gunung Semeru.

Anda akan melihat gunung Semeru yang gagah dengan asapnya. Awan yang menyelimuti tersebut membuat Anda akan semakin dimanjakan di desa tersebut.

Selain pemandangan gunung yang menakjubkan, Anda akan melihat pemandangan perkebunan yang begitu luas, yaitu perkebunan Argosari.

Perkebunan tersebut cukup unik dan menarik karena berada di lereng gunung yang begitu curam.

Jika Anda berkunjung ke tempat tersebut, akan banyak penginapan baik hotel maupun home stay yang cukup nyaman.

Jangan lupa ketika berkunjung ke sana, siapkan kamera terbaik Anda untuk bisa mengambil spot pemandangan terbaik di desa Argosari.

7. Desa Sade, Kabupaten Lombok

spot pemandangan desa sade lombok

Desa Sade merupakan perkampungan kecil yang berada di wilayah Kabupaten Lombok Tengah bagian selatan.

Desa ini merupakan desa wisata yang para penduduknya masih menjaga budaya setempat yang diwariskan nenek moyang mereka sejak 600 tahun yang lalu.

Maka dari itu, Anda akan menemukan bentuk bangunan tempo dulu, adat istiadat yang masih diterapkan, tarian dan musik yang masih digunakan, baju adat yang masih digunakan, serta peralatan tradisional yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Akses menuju desa pun cukup mudah, letaknya sekitar 8 km dari Bandara International Lombok.

Cuaca di desa Sade cukup panas, maka dari itu Anda kan menemukan rumah dengan gaya arsitektur khas suku Sasak, dimana dindingnya menggunakan pagar anyaman, tiang dari kayu dan atap yang terbuat dari alang-alang kering.

Selain itu, penduduk setempat masih ada yang bekerja menenun kain songket dengan cara yang tradisional.

Anda pun akan belajar tentang adat istiadat setempat sehingga membuat liburan di desa tersebut sangat produktif.

Selain menenun kain yang masih menggunakan alat tradisional, para penduduk setempat pun masih menggarap sawah dengan peralatan yang tradisional.

Jika Anda berkunjung ke tempat tersebut, sesekali tidak ada salahnya untuk ikut mereka Bertani sembari melihat keindahan alam yang sangat cantik terutama saat terbit dan terbenamnya matahari.

Jika Anda ingin liburan ke desa-desa di atas, tentunya harus membawa peralatan dengan perlengkapan yang memadai.

Bawalah baju atau perlengkapan lainnya yang sesuai dengan cuacanya. Ingat, Anda pun perlu tahu kebiasaan desa setempat agar bisa tetap menghormati adat istiadat mereka.

Nah, Itulah dia 7 spot pemandangan di desa dalam dan luar negeri yang pasti akan membuat Anda betah liburan.

Baca juga : 5 desa terindah dunia, salah satunya di Indonesia

Dari ketujuh desa di atas adakah yang sudah Anda kunjungi? Semoga bermanfaat.

5 Desa Terindah Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Desa merupakan wilayah yang ada di suatu negara dengan udara yang masih segar masih terbebas polusi, lahan yang masih luas serta pemandangan yang masih hijau dan enak dipandang.

Karena itu, desa selalu menjadi incaran penduduk kota untuk berlibur atau menetap sementara dari rutinitas yang padat.

Desa ini pasti ada di setiap negara termasuk Indonesia. Bahkan para travelling dunia banyak yang mengulas tentang keindahan-keindahan Desa yang ada di dunia.

Salah satu ulasan desa terindah ini, salah satunya adalah desa yang ada di Indonesia. Penasaran dengan ulasannya? Yuk, simak di bawah ini!

1. Desa Eze, Prancis

Desa Eze, Prancis

Desa Eze merupakan salah satu desa terindah di dunia yang berada di negara Prancis. Lebih tepatnya desa ini berada di luar gunung yang sering disebut Tête de Chien.

Posisi dari desa tersebut mengarah ke barat dari Monaco sehingga tampak pemandangan yang begitu indah serta menyejukkan mata. Lebih tepatnya letak desa Eze ini berada di titik tengah antara Nice dan Monaco.

Walaupun berada di gang sempit dan akses jalan sempit, tetap saja setiap tahunnya desa tersebut selalu banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam dan luar negeri.

Desa tersebut terbntuk dari reruntuhan kastil abad pertengahan yang kemudian membentuk barisa rumah yang akhirnya membentuk sebuah desa dengan tinggi 1400 kaki di atas permukaan laut Mediterania.

Banyak tempat-tempat indah yang bisa Anda kunjungi sakah satunya adalah Jardan Exotique d’Eze, merupakan taman botani yang dihiasi oleh berbagai tanaman kaktus di sepanjang jalan terjal dan berliku tersebut.

Desa yang hanya memiliki jumlah penduduk 2.343 orang tersebut juga disebut dengan desa seniman, dimana sepanjang jalan Anda bisa menemukan berbagai karya-karya dari penduduk setempat yang bisa dibeli untuk souvenir.

Jangan anggap desa di Prancis seperti di dalam negeri dimana infrastruktur dan mata pencaharian bersifat tradisional. Justru sebaliknya. Di desa ini Anda bisa menemukan hotel berbintang 3, bandara, restoran, serta sebuah toko parfum yang terkenal yaitu Fragonard.

Di toko tersebut terdapat banyak macam parfum beraneka rasa yang bisa Anda beli sebagai oleh-oleh.

Selain itu, terdapat sebuah bangunan tertua di desa yang menjadi daya tarik para wisatawan lokal maupun mancanegara, yaitu bangunan Chapelle de la Sainte Croix. Bangunan tuanya menambah keeksotikan desa tersebut sehingga benar-benar indah dan layak untuk dikunjungi.

2. Desa Wengen, Swiss

desa terindah di dunia Desa Wengen, Swiss

Salah satu desa terindah di dunia berikutnya adalah Desa Wengen yang berada di Swiss. Desa tersebut terletak di Bernese Oberland, Swiss dengan latar pegunungan Alpen membuat desa tersebut begitu indah dan menarik.

Sejak tahun 1800-an, desa yang berada di ketinggian 4.200 kaki ini sudah dijadikan sebagai desa wisata.

Karena itulah, di desa tersebut sudah banyak villa dan penginapan. Terlebih bila musim dingin tiba, desa tersebut sangat cocok dijadikan sebagai tempat ski terbaik di Swiss.

Berada di ketinggian 4.200 kaki, membuat para wisatawan diharuskan untuk menanjak dengan memakan waktu 14 menit, sedangkan perjalanan menurun menghabiskan waktu 17 menit.

Kemudian dilanjutkan menggunakan kereta dengan track yang cukup curam dan rute lebih panjang melewati Wengwald.

Saat ini, sudah terdapat dua rute, dimana rute lama dari stasiun Lauterbrunnen khusus untuk mengangkut barang-barang wisatawan,barang-barang penduduk setempat, dan juga kereta untuk mengangkut sampah.

Walaupun perjalanan cukup melelahkan, semua itu akan terbayarkan dengan pemandangan yang indah. Terlebih udara di desa tersebut benar-benar bersih jauh dari polusi.

Sejak 100 tahun silam, desa tersebut memberlakukan aturan kendaraan bermotor tidak boleh memasuki desa kecuali sepeda. Karena itu, pendudk setempat atau wisatawan bisa datang ke desa tersebut dengan berjalan kaki pula.

Uniknya, selain bisa bermain ski, para wisatawan pun bisa mencoba wahana paralayang dan juga arung jeram.

Jika Anda berkunjung ke desa tersebut jangan lewatkan kuliner tersohornya, seperti mencicipi susu sapi yang rasanya segar, iga bakar sapi dengan daging yang empuk, serta melihat pembuatan keju.

Berwisata ke salah satu desa terindah di dunia tentunya akan membuat Anda fresh kembali.

3. Desa Bibury, Inggris

Desa Bibury, Inggris

Desa terindah berikutnya yaitu berada di negara Inggris tepatnya di desa Bibury yang terletak di wilayah Gloucestershire.

Desa ini menjadi daya tarik para wisatawan lokal maupun mancanegara karena keindahan desanya mirip dengan negeri dongeng.

Ketika Anda memasuki desa tersebut, terdapt banyak rumah tradisional dari batur yang berbaris rapi menghadap sungai Cpln yang masih bersih dan jalan setapak.

Walaupun terdapat banyak bangunan kuno seperti gereja, rumah, penginapan dan lainnya, hal tersebut tidak membuat menyeramkan. Melainkan, bangunan tersebut ditatapi dengan rapi dan terlihat sangat cantik dan indah.

Jika Anda ingin mengunjungi desa Bibury tersebut, datanglah saat musim tiba, karena di musim tersebut akan menemukan bunga warna-warni yang begitu cantik, indah, serta sejuk dipandang.

Tempat yang menjadi favorit para turis di desa tersebut adalah Arlington Row, yaitu rumah tradisional yang terbuat dari batu dang menghadap sungai coln tersebut.

Selain Arlington Row, obyek wisata lain yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Bibury Court, Rack Isle, dan Bibury Trout Farm.

Di setiap tempat tersebut memiliki ciri khas tersendiri yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Dahulu, desa ini dengan desa penghasil wol terbesar pada abad pertengahan. Sehingga desa tersebut menjadi maju ditandai dengan banyak dibangunnya cottage.

Namun, kejayaan tersebut tidak berlangsung lama, karena pada akhir abad 18. Industri tersebut tergantikan dengan industri penggilingan jagung sampai tahun 1920an.

Tidak lengkap rasanya bilang mengunjungi desa tersebut, Anda tidak mencicipi makanan khas dari desa setempat.

Tentunya jangan lewatkan makanan khas Bibury yang bernama Bubble an Squeak. Makanan ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai sayuran karena berbahan dasar tofu, kentang, kubis, wortel, kacang polong, dan sayuran lainnya.

Semua bahan tersebut dicampurkan dan juga kentang ditumbuk hingga halus kemudian digoreng hingga matang. Sekilas, makanan tersebut mirip dengan dadar telur atau pun bakwan.

Wajar bila desa tersebut dijadikan tujuan wisata karena terdapat banyak penginapan. Salah satunya penginapan yang berada di pusat desa yang terkenal dengan nama Old Farm Cottage.

Di penginapan tersebut selain kamarnya nyaman, Anda akan disuguhkan dnegan pemandangan yang indah dan juga sejuk.

4. Desa Giethoorn, Belanda

Desa Giethoorn, Belanda

Desa Giethoorn berada di wilayah Belanda bagian utara, tepatnya di Overijssel yang bisa diakses 1,5 jam dari Amsterdam.

Ciri khas dari desa ini adalah kendaraan bermotor tidak bisa masuk ke desa tersebut kecuali Anda menggunakan kanal sepanjang 4 kilometer atau menggunakan sepeda untuk menyusuri desa atau untuk berkunjung ke rumah tetangga.

Kanal pun mereka gunakan sebagai alat transportasi utama di desa tersebut. Mereka pun tidak mau menggunakan perahu boat karenanya bunyinya bisa menganggu ketenangan kota tersebut.

Desa ini pun masih banyak pepohonan rindang yang menaungi desa tersebut sehinga seringkali disebut dengan Venice of the Netherlands.

Ketika Anda menyusuri sungai dengan menggunakan kanal,disisi sungai terdapat rumah-rumah dengan arsitektur lama yang memang umurnya sudah mencapai ratusan tahun.

Tidak hanya itu, Anda pun akan melihat bunga yang berwarna-warni menghiasi sepanjang jalan dan sungai sehingga tampak berada di negeri dongeng.

Kabar baiknya, desa tersebut juga sudah tersedia beberapa penginapan yang disediakan untuk para wisatawan.

Penginapan tersebut letaknya berada di tepi-tepi sungai sehingga sudah bisa dibayangkan bukan, pemandangan dan suasana yang didapatkan benar-benar bisa membuat Anda rileks.

Selain penginapan, Anda pun harus mencoba kuliner setempat. Makanan yang disajikan memang makanan yang menjadi ciri khas di Belanda.

Tetapi Anda akan mendapatkan suasana yang berbeda dimana makan di tepi sungai yang memiliki pemandangan sangat indah.

Saat musim dingin tiba, sungai-sungai yang ada di desa tersebut menjadi beku. Di musim dingin itulah, desa tersebut pun semakin ramai karena banyak penduduk lokal maupun turis yang memanfaatkan tersebut untuk bermain ice skating.

Tentunya, bermain ice skating ini akan menjadi pengalaman yang berharga mengingat karena dilakukan di salah satu desa terindah di dunia.

Selain mengunakan kanal, Anda pun bisa berjalan kaki atau menggunakan sepeda, pokoknya jangan berharap menggunakan sepeda motor atau mobil karena memang tidak akan muat untuk memasuki wilayah desanya.

5. Desa Wae Rebo, Flores, Indonesia

Desa Wae Rebo, Flores, Indonesia

Desa terindah berikutnya ada di Indonesia yaitu desa Wae Rebo, Flores. Desa ini terletak pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Sehingga desa ini kerap disebut dengan surga yang berada di atas awan.

Karena berada di ketinggian 1.200 meter untuk mencapainya pun diperlukan perjuangan hingga mencapai 3-4 jam, namun hal tersebut akan terbayar dengan pemandangan yang sangat indah.

Wae Rebo ini juga pada tahun 2012 pernah menerima penghargaan dari UNESO sebagao Top Award of Excellence.

Di desa tersebut Anda kan mendapati pemandangan alam berupa gunung-gunung. Kemudian di dekatnya ada 7 rumah adat utama berbentuk kerucut yang menjadi ciri khas dari desa Wae Rebo tersebut.

Keasrian desa ini masih terjaga karena dinas pariwisata memperhatikan akan kelestarian alam yang ada di desa tersebut. Salah satu bentuk penjagaannya adalah dengan tidak adanya sinyal handphone di wilayah tersebut.

Untuk bisa datang ke tempat tersebut, Anda bisa menggunakan pesawat terbang dari Bali menuju Ruteng, Selain itu bisa pula menggunakan bus atau travel dari Labuan Bajo.

Jika Anda berkunjung ke desa tersebut, Anda bisa menumpang untuk menginap di rumah adat setempat. Jika memerlukan home stay, maka harus menjangkau wilayah Desa Denge terlebih dahulu.

Berkunjung ke desa tersebut akan membuat Anda betah. Selain dari pemandangannya, Anda akan merasakan keramahan penduduknya yang masih keturunan Minangkabau.

Desa ini dikenal unik karena memiliki 7 ruamh adat tersebut dan telah bertahan 19 generasi di wilayah tersebut.

Rumah adat desa wae rebo disebut dengan Mbaru Niang. Rumah tersebut terbuat dari kayu dengan atap dari ilalang yang dianyam.

Di sekitar desa pun tampak masih asri karena dikelilingi oleh hutan-hutan.

Nah, itulah dia 5 desa terindah di dunia, dimana desa di Indonesia pun masuk ke dalam desa terindah versi folder desa.

Dari 5 desa yang diulas tersebut, adakah yang menjadi desa favorit Anda? Semoga bermanfaat.