10 Danau Terbesar Di Indonesia yang Menjadi Objek Wisata Populer

Danau populer terbesar indonesia

Kekayaan alam di Indonesia yang begitu indah dan membentang dari Sabang sampai Merauke, membuat masyarakatnya tak berhenti bersyukur atas ciptaan Sang Maha Kuasa.

Betapa tidak, kekayaan alam tersbeut membuat kita memiliki banyak pilihan untuk bisa berwisata alam. Kekayaan alam yang telah ‘’tersedia’’ tersebut seperti Gunung, laut, sungai, dan juga danau.

Danau di Indonesia beragam ada danau buatan atau pun danau alami yang semuanya layak untuk dikunjungi dan bisa dijadikan tempat rekreasi alam menarik bersama keluarga.

Nah, karena itulah pada pembahasan berikut akan diulas mengenai 10 Danau Terbesar Di Indonesia yang Menjadi Objek Wisata Populer. Danau apa sajakah yang dimaksud? Yuk, simak bersama ulasannya di bawah ini!

Daftar 10 Danau Terbesar di Indonesia yang Menjadi Objek Wisata Populer

1. Danau Singkarak

Danau Terbesar Di Indonesia yang Menjadi Objek Wisata Populer

Salah satu Danau terbesar di Indonesia ada di wilayah Sumatera Barat dengan luas permukaannya 107,8 km². Terbentang di antara dua kabupaten, yakni Solok dan Tanah Datar.

Danau Singkarak ini merupakan danau alami karena terbentuk dari aktivitas tektonik yang dipengaruhi patahan yang sering disebut dengan Sesar Sumatra.

Baca juga : 5 Desa Terindah di Sumatera Barat, Surga Tersembunyi Indonesia

Setelah adanya pergesaran Sesar tersebut menyebabkan sebagain daratannya amble dan kemudian pada tepiannya membentuk material vulkanik gunung berapi.

Danau ini menjadi tempat wisata populer karena merupakan danau alami yang masih banyak mengandung biota air. Anda pun bisa melihat perkembangan organisme kecil dengan nyata, seperti bentos dan juga plankton.

Untuk menikmati keindahan Danau Singkarak, Anda bisa menyewa becak danau atau perahu motor untuk mengarungi danau tersebut. Bahkan ada pula warga setempat yang langsung menikmati danau tersebut dengan berenang.

Selepas menikmati keindahan danau Singkarak, Anda pun bisa menikmati kuliner yang ada di sekitar danau. Tentunya menu favorit yang wajib Anda coba seperti Ikan piyek, balingka, ikan baung, asang, dan juga sasau.

Ikan tersebut bisa dinikmati dengan cara di bakar atau digoreng kemudian dicocol dengan sambal khas daerah setempat.

Nah, untuk bisa mengunjungi Danau tersebut bisa menggunakan mini bus, angkutan umum, kendaraan pribadi, ataupun menyewa mobil.

2. Danau Semayang

Danau Semayang

Berikutnya, salah satu danau terbesar di Indonesia adalah Danau Semayang yang berada di daerah aliran Sungai Mahakam.

Danau yang memiliki luas 130 km² ini merupakan Andalan masyarakat Kalimantan Timur karena memiliki keanekaragaman hayati yang cukup beragam dan bernilai ekonomis.

Baca juga : 5 Desa Wisata yang Menyediakan Permainan Outbound Seru

Danau ini selain menjadi objek wisata, diandalkan penduduk sekitar untuk menjadi mata pencaharian. Dimana banyak warga yang berprofesi menjadi pengusaha ikan, baik ikan yang masih fresh ataupun ikan yang sudah menjadi olahan.

Selain menjadi pengusaha usaha, banyak pula warga memiliki perahu dimana angkutan tersebut dijadikan alat transportasi utama untuk mengangkut warga dari satu tempat ke tempat lainnya.

Maka dari itu, tak heran bila di danau tersebut banyak warga yang lebih sering mengggunakan perahu dibandingkan dengan alat transportasi darat.

DInas Parawisata Kaltim pun seringkali menggelar festival Danau Semayang diantaranya lomba dayung, menangkap ikan, dan lain sebagainya dengan tujuan untuk menari wisatawan lokal maupun mancanegara datang ke danau tersebut.

3. Danau Rombebai

Danau Rombebai

Di Papua tidak hanya terkenal dengan tempat wisata Raja Ampat saja, jika dieksplor lebih jauh Anda akan menemukan salah satu danau terbesar di Indonesia bernama Danau Rombebai.

Danau tersebut berada dekat Sungai Mamberani dan terletak 20 Km dari Samudra Pasifik, dengan memiliki luas 137,49 km².

Baca juga : 7 Desa Dengan Spot Pemandangan yang Bikin Orang Kota Betah Liburan

Danau ini cukup unik, walaupun cukup jauh dari laut, di dalam danau tersebut terdapat ikan hiu yang disinyalir karena danau tersebut menjadi penghubungung antara Samudera Pasifik dan Rombebai, sehingga bukan tanpa sengaja hiu tersebut dapat berenang hingga ke danau.

Selain kayak dengan keanekaragaman hayatinya, di sekitar danau pun terdapat gas alam yang berlimpah, dimana gas tersebut sudah dikelola oleh perusahaan eksplorasi minyak dan gas yang ada di Australia.

Selain itu, di sekitar danau terdapat buah-buahan khas Papua serta spesies Anggrek langka yang sering kali diteliti oleh anak-anak sekolah setempat.

Di sekitaran danau pun terdapat warung-warung yang menjajakan makanan tradisional setempat serta souvenir unik khas Papua yang bisa Anda bawa pulang untuk oleh-oleh.

Jika Anda mengunjungi danau tersebut pada musim kemarau, Jangan lupa untuk memesan minuman es kelapa muda asam manis yang bisa menyegarkan tubuh sambil menikmati keindahan danau tersebut.

4. Danau Jempang

Danau Jempang

Tak jauh dari Danau Semayang, Terdapat pula salah satu danau terbesar di Indonesia yang tidak kalah indah bernama Danau Jempang. Danau tersebut memiliki luas 150 km² yang letaknya berada di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Danau tersebut terbentuk karena adanya cekungan di tanah datar yang di banjiri air sehingga bukan disebut sebagai danau tektonik.

Danau Jempang pun menjadi salah satu obyek wisata yang wajib Anda kunjungi karena memiliki pemandangan alam yang indah dan juga kaya dengan flora fauna yang menghiasi danau tersebut.

Menuju danau tersebut dibutuhkan waktu 5 Jam dari kota Samarinda, sedangkan dari kota Balikpapan dibutuhkan waktu perjalanan 8 jam bisa menggunakan travel dengan tujuan Balikpapan ke Melak atau Bus tujuan Camp Baru dari Samarinda.

Setelah sampai di Camp Baru, Anda bisa menyewa sepeda motor untuk bisa sampai ke danau Jempang-Tanjung Isuy Kecamatan Jempang.

Selain menggunakan angkutan darat, Anda pun bisa menggunakan Kapal Motor atau perahu ketinting dari Kota Samarinda. Tentunya pengalaman baru bisa Anda rasakan ketika menaiki perahu tersebut yang menyuguhkan keindahan alam danau setempat.

5. Danau Paniai

Danau Paniai

Mengupas tentang keindahan alam Indonesia Timur memang tidak ada habisnya. Seperti pada pembahasan berikut ini yang akan dikupas mengenai danai Paniai yang berada di Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Papua.

Baca juga : 5 Desa Terindah Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Tentu saja danau tersebut merupakan salah satu danau terbesar di Indonesia dengan luas permukaan mencapai 154 km² dan tepiannya dikelilingi pegunungan maupun tebing-tebing tinggi yang indah.

Tak hanya wisatwan lokal yang mengakui keindahan tersebut, melainkan wisatawan mancanagera pun mengakuinya lewat konferensi danau Se-Dunia pada tanggal 30 November 2007 yang diikuti 157 negara. Karena itulah, danau tersebut menjadi daya tarik wisatawan dalam dan luar negeri.

Jika Anda mengunjungi danau tersebut, maka akan disuguhkan dengan beragam jenis ikan dan juga udang air tawar. Selain itu banyak pula spesies ikan pelang yang dicari para nelayan ataupun kolektor ikan karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Tak hanya itu, beragam tanaman dengan spesies langka pun bisa Anda temui serta membuat sekitar danau tampak indah dan juga menyejukkan.

6. Danau Matano

Danau Matano

Beralih Ke wilayah Sulawesi Selatan, Anda akan menemukan salah satu danau terbesar di Indonesia bernama Danau Matano yang memiliki luas permukaan 164,1 km².

Tak hanya sebagai salah satu danau terbesar, Menurut WWF danau tersebut merupakan danau tektonik terdalam di Asia Tenggara yang menduduki peringkat ke-8 di seluruh dunia dan memiliki kedalaman 590 m.

Tak hanya itu, Danau Matano pun telah terdaftar di Global Ecoregions WWF karena memiliki keragaman hayati dan ekosistem yang endemis. Tentu saja danau ini dilindungi oleh pemerintah setempat sebagai Kawasan konservasi yang bisa dimanfaatkan pula untuk tempat wisata.

Perlu diketahui bersama, danau Matano termasuk dalam daftar danau tertua di Indonesia yang diperkirakan usianya mencapai 1-4 juta tahun.

Didalamnya pun terdapat kandungan besi yang dibuktikan dengan tanahnya berwarna merah dengan sepanjang garis tepinya berwarna hitam. Konon, disekitaran danau tersebut digunakan untuk peleburan dan pembakaran besi pada abad ke 14 M.

7. Danau Poso

Danau Poso

Danau berikutnya yang menjadi salah satu danau terbesar di Indonesia adalah Danau Poso. Danau yang memiliki luas permukaan 323,2 km² ini berada di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Danau ini menjadi danau terdalam ketiga yang memiliki kedalam 450 m dan bisa menampung air sebanyak 216 gigaliter.

Ketika Anda mengunjungi danau tersebut maka akan disuguhi dengan berbagai jenis binatang air yang langka dan juga endemik, seperti Andiranichthys, Nomorhamphus celebensis, Oryzias nebulosus, serta Mugilogobius amadi.

Setelah puas dengan beragam jenis binatang air, di area hutan pun terdapat beragam flora fauna, seperti Anggrek liar yang berada di Desa Bancem Sapi hutan, dan Babi Rusa yang sudah hampir punah.

Untuk bisa menempuh waktu perjalanan menuju danau tersebut kurang lebih sekitar 8 jam dari kota Palu. Sedangkan dari kota Posonya sendiri bisa ditemput selama 1,5 jam.

Setiap tahunnya, pemerintah setempat selalu menyelenggarakan acara Festival Danau Poso yang menampilkan pagelaran budaya untuk menarik wisatawan berkunjung ke tempat tersebut.

Jangan lupa mencicipi kuliner khas setempat yaitu ikan sogili bakar yang rasanya membuat ketagihan dan ingin datang kembali ke tempat tersebut.

8. Danau Tempe

Danao Tempe

Masih di wilayah Sulawesi, tepatnya di Sulawesi Selatan berada di tiga Kecamatan Tempe, Belawa, Tanah Sitolo, Maniangpajo, dan Sabbangparu di Kabupaten Wajo, terdapat sebuah danau yang bernama danau tempe yang memiliki kedalam sekitar 5 meter.

Danau tersebut begitu istimewa karena memiliki spesies ikan air tawar yang jarang ditemui di tempat lain. Keragaman tersebut dikarenakan letaknya berada di atas pertemuan lempengan Benua Asia dan Australia. Karena keragaman tersebut sangat menungkinkan untuk terjadinya percampuran fauna dari dua benua tersebut.

Selain dijadikan tempat wisata, di danau tersebut ada pula perayaan Maccera Tappareng yang selalu diadakan masyarakat setempat dengan tujuan agar danau tersebut selalu suci.

Perayaan pun ditandai dengan pembelihan hewan kemudian dilakukan atraksi lomba perahu hias atau permainan rakyat setempat yang kerap menarik perhatian para wisatawan.

9. Desa Towuti

Danau Towuti

Desa Towuti ini beradi di Sulawesi Selatan, Kabupaten Luwu Timur. Danau tersebut memiliki luas permukaan kurang lebih 561,1 km².

Danau tersebut berusia 1-4 juta tahun yang terbentuk dari patahan yang diakibatkan oleh aktivitas tektonik.

Danau ini sangat unik karena di tengah permukaannya terdapa Pulau Kembar, Bolong, dan Loeha yang semakin mempercantik danau.

Danau tersebut kerapa menjadi tempat wisata karena keragaman hayati endemisnya.

10. Danau Toba

Danau Toba

Danau Toba merupakan danau terbesar nomor satu di Indonesia yang memiliki luas permukannya sekitar 1.130 km². Danau yang terletak di tengah-tengah Sumatra Utara ini juga disebut-sebut sebagai danau vulkanik paling besar di dunia.

Para wisatawan yang berkunjung ke danau Toba pun bisa melakukan aktivitas mandi di tepi dnaau, naik perahu bebek, ataupun mencicipi kuliner setempat sambil menikmati keindahan alam danau toba.

Penutup

Nah, itulah dia 10 danau terbesar di Indonesia yang menjadi objek wisata populer. Bagaiman sudahkah Anda menentukan tempat mana yang akan dikunjungi bersama keluarga tercinta. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top